ANIMASI

ASEP SUDRAJAT S,Pd Membina peserta didik yang memiliki mental bisnis yang beretika

javascript:void(0)

Sabtu, 21 Mei 2011

Penulisan dan
Penyusunan Laporan
TUGAS AKHIR/SKRIPSI
STMIK IM
Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer
Indonesia Mandiri
2006
Pedoman
Tim Penyusun :
Ir. Chairuddin
Patah Herwanto, ST
Teguh Wiharko, ST
Panduan Penulisan Tugas Akhir STMIK IM 1
BAGIAN I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Penulisan karya ilmiah dalam bentuk tugas akhir merupakan salah satu syarat untuk
menyelesaikan program studi diploma tiga (D3) atau strata satu (S1). Walaupun latar belakang
bahan penulisan laporan tugas akhir berbeda, sesuai dengan bidang ilmu yang dikembangkan
masing-masing program studi, namun diperlukan adanya keseragaman dalam penulisannya. Untuk
memenuhi tujuan tersebut, perlu disusun suatu pedoman penyusunan laporan tugas akhir yang
khusus diperuntukkan bagi Dosen Pembimbing dan mahasiswa Sekolah Tinggi Manajemen
Informatika dan Komputer Indonesia Mandiri (STMIK-IM).
1.2. Pengertian Laporan Tugas Akhir
Laporan tugas akhir khususnya bagi mahasiswa STMIK-IM adalah suatu karya tulis ilmiah
berupa paparan hasil penelitian (research) maupun studi kasus (case study), yang mengkaji dan
membahas suau masalah dalam bidang ilmu teknologi dan informatika baik didukung bidang ilmu
manajemen maupun teknik, dengan mempertimbangkan keterbatasan mahasiswa khususnya
pemilihan perangkat lunak yang digunakan dalam memecahkan masalah penelitian. Oleh karena itu
penelitian ini lebih bersifat analitis.
Kegiatan penelitian dalam rangka penulisan tugas akhir dilaksanakan melalui :
1. Studi Lapangan (Field Research) untuk memperoleh data primer. Yang dimaksud dengan
data primer adalah data yang diperoleh mahasiswa secara langsung dari sumber data, baik
melalui pengamatan (observation), wawancara (interview), maupun hasil pengukuran langsung
lainnya.
2. Studi Kepustakaan (Library Research) untuk memperoleh teori-teori dan/atau data
sekunder yang relevan dengan permasalahan yang diteliti. Yang dimaksud dengan data
sekunder adalah data yang diperoleh mahasiswa dengan memanfaatkan data yang terlebih
dahulu dikumpulkan dan dilaporkan oleh pihak lain, dalam bentuk publikasi ilmiah, jurnal,
majalah ilmiah, dan sebagainya.
1.3. Tujuan Laporan Tugas Akhir
Laporan tugas akhir ini bertujuan untuk melatih dan menguji kemampuan berfikir kritis,
kreatif dan analitis untuk memperkaya ilmu pengetahuan teoritis yang diperoleh mahasiswa di
bangku kuliah dengan pengalaman-pengalamannya selama melakukan penelitian di lapangan, agar
mereka mampu :
a. mendeskripsikan suatu permasalahan
b. mengkaitkan permasalahan tersebut dalam bidang ilmu teknologi dan informatika
c. mendeteksi permasalahan yang sedang atau akan terjadi
d. menganalisis permasalahan tersebut pada butir c) berdasarkan ilmu yang dipelajarinya serta
pengalaman praktisnya
e. mengambil kesimpulan dari analisis permasalahan tersebut di atas serta mengemukakan
saran/rekomendasi.
Selanjutnya setelah menyelesaikan program studinya, mahasiswa diharapkan mampu :
a) menjadi tenaga siap didik dan/atau siap kerja mandiri untuk mekakukan suatu kegiatan
tertentu dan melakukan analisa terhadap kegiatan yang digelutinya sesuai dengan
pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam pengelolaan aktifitas organisasi.
b) memiliki kemampuan yang tangguh dalam perencanaan kebutuhan implementasi,
pengendalian, evaluasi dan pengembangan sistem informasi, guna mendukung aktifitas
organisasi usaha secara efektif dan efisien.
c) memiliki kemampuan dalam menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi khususnya
perkembangan perangkat keras dan perangkat lunak.
Panduan Penulisan Tugas Akhir STMIK IM 2
1.4. Ruang Lingkup dan Materi Tugas Akhir
Topik tugas akhir dikembangkan dari bidang ilmu informatika sesuai dengan jurusannya
masing-masing. Materi karya tulis tersebut didasarkan pada data dan/atau informasi yang berasal
dari penelitian lapangan, yang dikaitkan dengan studi kepustakaan.
Penulisan karya tulis ilmiah tersebut harus dapat mengetengahkan indikator-indikator apa
yang hendak ditemukan, terutama yang berkaitan dengan variabel-variabel yang akan diteliti.
Karena sifatnya yang demikian, karya tulis ilmiah harus mengetengahkan permasalahan asosiatif,
yaitu menghubungkan antara dua variabel atau lebih, baik yang bersifat kausal, interaktif,
maupun simetris.
1.5. Thema Tugas Akhir dan Kedalaman Analisis
1.5.1. Thema Tugas Akhir
Pengambilan thema penulisan tugas akhir disesuaikan berdasarkan jurusan masing-masing
dan penentuan software oleh Dosen Pembimbing. Diharapkan mahasiswa tugas akhir menggunakan
software-software terbaru (up to date).
Jurusan Teknik Informatika tidak dperbolehkan mengambil thema yang berkenaan dengan
Analisa dan Perancangan Sistem kecuali didukung dengan suatu Pemodelan dan Simulasi, sedangkan
jurusan Manajemen Informatika dan Sistem Informasi selain thema mengenai Analisa dan
Perancangan Sistem, diperbolehkan juga mengambil thema yang ada di jurusan Teknik Informatika.
Thema-thema yang dapat dijadikan bahan bahasan penulisan tugas akhir adalah :
JURUSAN SISTEM INFORMASI & MANAJEMEN INFORMATIKA
• Pemrograman
• Analisa dan Perancangan Sistem
• Pengolahan Database (Aplikasi Database)
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
• Model Simulasi
• GIS
• Teknik Kompilasi
• Produk Generik
• Ilmu Komputer
• Distributed Computing
• Web Design/Programming
Uraian thema-thema yang dapat dijadikan bahan penulisan Tugas Akhir :
1. Geographic Information System (GIS)
Prospek :
• GIS Transportasi Darat
• Global Positioning System (GPS)
• GIS Pemetaan hutan, daratan
• GIS Optimasi Jaringan Tenaga Listrik
• GIS Simulasi Olah Yudha (WarGame-Simulation)
2. Produk Generik
• Data disimpan dengan memori sesedikit mungkin
• Pengolahan data Raster dibuat suatu metoda Kompres data
• Pengolahan data Vektor dibuat suatu Interpolasi
• Kualitas grafik
• Animasi grafik
• Metoda Optimasi
3. Teknik Kompilasi
• Model Simulasi Off Line
• Model Simulasi Real Time
• Metode Numerik
• Operation Research
4. Ilmu Komputer
• Analisa dan Perancangan Sistem
Panduan Penulisan Tugas Akhir STMIK IM 3
Metode :
- Data Flow Diagram (DFD)
- Flow Map / System Flowchart
- Hierarchy Input Process Output (HIPO)
- Structure Chart (Bagan Terstruktur)
- Structure Analysis and Design Technique (SADT)
- Warnier / Orr (W/O)
• Artificial Intellegent
• Object Oriented Design dan Object Oriented Programming
• Compiler
• Operating System
• Software Engineering
• Real Time System
• Cryptography / Encription (Keamanan)
• Struktur Data, Algoritma, Basis Data
5. Distributed Computing
• Network
• Windows NT
• Unix, Linux
• LAN
• Interface
• Client Server
1. File Server
2. Process Server
6. Web Design/Programming
1.5.2. Kedalaman Analisis
Kedalaman bahasan tugas akhir dibedakan antara program studi D3 dan S1 untuk masingmasing
program studi.
NO MATERI JENJANG S1 JENJANG D3
1. Uraian Analisis • Lebih mengutama- kan uraian
analisis yang lebih mendalam
guna mendu-kung
pemecahan masalah,
dan/atau
• Lebih menguraikan
metode/teknik yang
digunakan dengan beberapa
contoh kasus dari analisis dan
pemecahan masalah
• Lebih mengutama-kan uraian
tentang implementasi/aplikasi
yang dihasilkan bagi
pemecahan masalah (lebih
aplikatif), dan/atau
• Lebih menguraikan aplikasi
yang diha-silkan berdasarkan
metode/teknik yang
digunakan sebagai pemecahan
masalah
2. Analisis
perbandingan
Menguraikan perban-dingan
antara :
• Sistem yang baru terhadap
sistem yang lama
• Metode/teknik yang
digunakan dalam pemecahan
masalah terhadap metode
lama yang sedang dipakai
• Software/hardware yang
diusulkan terhadap Software/
Hardware yang sedang
dipakai oleh instansi/
perusahaan
Tidak perlu dijelaskan
perbandinganya, tetapi apabila
penjelasan tersebut sangat
diperlu-kan dalam pemecahan
masalah dapat dijelas-kan secara
global
3. Spesifikasi software
& hardware
Dijelaskan spesifikasi
software/hardware yang
digunakan secara rinci
Spesifikasi software/ hardware
dapat dijelas-kan secara rinci
(jika perlu)
4. Keuntungan Diuraikan keuntungan yang Diuraikan keuntungan yang
Panduan Penulisan Tugas Akhir STMIK IM 4
diperoleh dari analisis dan
pemecahan masalah
diperoleh dari analisis dan
pemecahan masalah
5. Referensi Harus mencantumkan referensi
minimal 3 buah buku & minimal
1 buku berbahasa asing (Inggris)
Harus mencantumkan referensi
minimal 3 buah buku (jika perlu 1
buku berbahasa asing/ Inggris)
1.6. Kedudukan Tugas Akhir dan Bobot SKS (Satuan Kredit Semester)
Tugas akhir mempunyai kedudukan yang sama dengan mata kuliah lain dalam kurikulum,
tetapi berbeda dalam bentuk proses pembelajaran dan mekanisme penilaiannya. Tugas menyusun
laporan tugas akhir bagi seorang mahasiswa mempunyai bobot 4 (empat) sks untuk program studi
D3 dan 6 (enam) sks untuk program studi S1.
Besarnya bobot tugas akhir tersebut terdiri dari 2 (dua) jenis kegiatan belajar mengajar,
yaitu :
1) Kegiatan lapangan, untuk 1 sks sebesar 3 jam yang setara dengan kegiatan akademik setiap
minggu 6 – 9 jam, atau setara dengan kegiatan akademik 84 – 126 jam selama satu semester.
2) Kegiatan penulisan, yang pada dasarnya sama dengan kegiatan lapangan yang setara dengan
kegiatan akademik setiap minggu 6 –9 jam atau selama selama satu semester dengan kegiatan
akademik 84 – 126 jam.
Panduan Penulisan Tugas Akhir STMIK IM 5
BAGIAN II
PERSYARATAN AKADEMIK, ADMINISTRASI DAN DOSEN PEMBIMBING
2.1. Persyaratan Akademik
a) Telah lulus mata kuliah Teknik Penulisan Laporan Ilmiah dengan nilai huruf minimal C.
b) Telah memenuhi jumlah SKS yang harus ditempuh sesuai program studi masing-masing
dengan jumlah SKS yang diperoleh tidak kurang dari 70 SKS untuk program studi D3
dan 100 SKS untuk program studi S1.
c) Tidak ada mata kuliah inti jurusan yang bernilai ‘D’ dan ‘E’.
d) Jumlah nilai ‘D’ pada setiap mata kuliah (diluar mata kuliah inti jurusan) tidak melebihi
dari 12 SKS untuk S1 dan 9 SKS untuk D3.
2.2. Persyaratan Administratif
a) Terdaftar sebagai mahasiswa STMIK-IM pada tahun akademik yang bersangkutan
dengan melampirkan tanda bukti pembayaran uang kuliah dan KTM.
b) Memperlihatkan KRS yang mencantumkan mata kuliah tugas akhir.
c) Mengambil dan mengisi formulir ‘penentuan thema penulisan dan Dosen Pembimbing’.
d) Melampirkan foto copy KHS dari semester satu sampai dengan semester pada saat
pengambilan tugas akhir.
2.3. Ketentuan Penyusunan Laporan Tugas Akhir
Dalam penyusunan laporan tugas akhir ada beberapa ketentuan yang harus dipatuhi oleh
mahasiswa, antara lain :
a) Proses penyusunan berlangsung maksimal selama 2 (dua) semester, terhitung mulai
tanggal pembuatan Surat Keputusan tentang Penunjukkan Dosen Pembimbing Tugas
Akhir.
b) Melakukan bimbingan dengan Dosen Pembimbing minimal 9 (sembilan) kali bimbingan,
dan pada tiap-tiap bimbingan diwajibkan menuliskan materi bimbingan yang
ditandatangani oleh Dosen Pembimbing.
c) Apabila melebihi batas waktu tersebut di atas pada butir a), maka mahasiswa yang
bersangkutan dikenakan sanksi membayar Biaya Penyelenggaraan Pendidikan Pokok (BPP
Pokok) dan Biaya Pengelenggaraan Pendidikan SKS dan/atau bila perlu mengganti thema
penulisan tugas akhir dan pembimbing dengan menempuh prosedur penyusunan tugas
akhir seperti semula.
2.4. Dosen Pembimbing
Untuk memenuhi hasil karya tulis yang baik, maka setiap mahasiswa memperoleh bantuan
bimbingan dari beberapa pihak, seperti :
• Dosen Pembimbing
Setiap mahasiswa akan mendapatkan seorang pembimbing yang telah ditunjuk dengan alokasi
bimbingan ditentukan oleh Dosen yang bersangkutan.
• Pembimbing Instansi
Pembimbing instansi adalah seseorang yang ditunjuk atau berhubungan langsung atau
berinteraksi dengan mahasiswa yang bersangkutan, sehubungan dengan tugas akhir yang
sedang dijalankannya, apakah hanya sekedar pengambilan data atau terjun langsung
melakukan pekerjaan guna mendapatkan informasi
Dosen Pembimbing yang berhak dipilih yaitu dosen pembimbing yang telah melalui tahap
penyeleksian oleh team penyeleksi berdasarkan disiplin ilmu dan keahlian yang telah dikuasainya dan
kriteria untuk menjadi dosen pembimbing diatur dalam SK yang ditandatangani oleh Ketua
Fungsi Pembimbing Tugas Akhir adalah :
1. Memberikan pengarahan kepada mahasiswa dalam :
􀂃 memberikan masukan mengenai tema penulisan dan kedalaman pembahasan
􀂃 membantu dalam menyelesaikan penyusunan tugas akhir, termasuk di dalamnya perbaikan
bahasa, konsep ilmu dan format tugas akhir
Panduan Penulisan Tugas Akhir STMIK IM 6
􀂃 menyempurnakan penulisan yugas akhir berdasarkan masukan pada saat sidang tugas akhir
dilaksanakan.
2. Menjalankan kegiatan Seminar Group yang terjadwal pada pelaksanaan bimbingan
3. Melaporkan jalannya kegiatan bimbingan berkala kepada Jurusan.
4. Memberikan persetujuan pada naskah final (draft akhir) untuk diajukan pada sidang tugas akhir
2. Sebagai pendamping dalam sidang tugas akhir
Waktu Bimbingan
Mahasiswa diwajibkan melakukan bimbingan sebanyak minimal 9 (sembilan) kali dengan dosen
pembimbingnya. Untuk mengetahui berapa kali mahasiswa melakukan bimbingan dan seminar
group, serta materi apa yang dibahas, maka kepada mahasiswa tersebut diberikan daftar hadir
bimbingan dan surat keterangan mengikuti sidang tugas akhir. Surat keterangan tersebut
merupakan rekomendasi yang menjelaskan bahwa mahasiswa yang bersangkutan telah siap dan
berhak mengikuti Ujian Sidang Tugas Akhir.
Panduan Penulisan Tugas Akhir STMIK IM 7
BAB III
PROSEDUR PENYUSUNAN TUGAS AKHIR
3.1. Tahap Awal
Mahasiswa yang telah memenuhi persyaratan seperti tersebut pada butir 2.1 dan 2.2.. Pada saat
pengisian KRS diharapkan mahasiswa sudah mempunyai “topik tentatif” atau tema penelitian Tugas
Akhir.
3.2. Proses Penunjukan Dosen Pembimbing
(1) Penunjukan Dosen Pembimbing dilakukan oleh Ketua program studi setelah mahasiswa
menyerahkan form pemilihan pembimbing dan tema tugas akhir kepada Ketua program
studi yang bersangkutan.
(2) Atas dasar pilihan pembimbing dan topik tersebut Ketua program studi menunjuk Dosen
Pembimbing atas persetujuan Pembantu Ketua I Bidang Akademik dengan ketentuan apabila
jumlah maksimum bimbingan dari dosen pembimbing tersebut masih terpenuhi, dan apabila
telah mencapai jumlah maksimum maka ketua program studi berhak mengalihkan kepada
pembimbing lain dengan dasar tema yang dipilih dan dan atar dasar tersebut Ketua I Bidang
Akademik segera menerbitkan Surat Keputusan pengangkatan Dosen Pembimbing atas nama
Ketua.
3.3. Penggantian Dosen Pembimbing
1) Apabila karena sesuatu alasan, Dosen Pembimbing tidak dapat menjalankan tugas lebih dari
1 (satu) bulan, maka Ketua program studi atas persetujuan Pembantu Ketua (Puket) I
Bidang Akademik menunjuk penggantinya.
2) Keinginan dari mahasiswa untuk mengganti dosen pembimbing dengan ketentuan tidak
pernah melaksanakan bimbingan selama 2 (dua) semester.
3.4. Prosedur Bimbingan
Proses bimbingan dipantau dengan menggunakan Kartu Konsultasi Bimbingan Tugas Akhir (KKBTA),
sehingga Dosen Pembimbing dapat memantau perkembangan mahasiswa dalam menyusun Tugas
Akhirnya.
Proses bimbingan tersebut adalah:
(1) Mahasiswa bersama Dosen Pembimbing mendiskusikan judul dan out line (garis besar
rencana tugas akhir yang akan dilakukan).
(2) Usulan Tugas Akhir yang telah disetujui Dosen Pembimbing harus dilaporkan oleh
mahasiswa kepada Ketua Program Studi.
(3) Mahasiswa melakukan tugas akhir pada Instansi/lembaga yang ditunjuk berbekal
surat pengantar dari Ketua Program Studi.
(4) Proses Bimbingan yaitu dengan mengadakan Seminar group dengan
mempresentasikan tema dari masing masing mahasiswa yang teknisnya
pelaksanaannya akan ditentukan oleh pembimbing
(5) Setelah proses bimbingan dianggap selesai, atas dasar hasil evaluasi dan persetujuan
Dosen Pembimbing, final draf (konsep final) laporan tugas akhir dinyatakan memenuhi
persyaratan untuk diajukan pada sidang laporan tugas akhir. Persetujuan Dosen
Pembimbing terhadap final draft dinyatakan dengan pembubuhan tanda tangan.
(6) Final draft tugas akhir, dibuat sekurang-kurangnya rangkap 4 (empat) dengan rincian
yaitu 1 buah untuk Dosen Pembimbing, 2 buah untuk penguji dan 1 buah untuk
mahasiswa
(7) Ketua program studi (jurusan) melakukan monitoring terhadap persyaratan yang yang
harus dipenuhi mahasiswa untuk melaksanakan sidang laporan tugas akhir.
(8) Setelah memenuhi persyaratan mahasiswa dapat melakukan regitrasisi sidang.
(9) Waktu pelaksanakan Sidang laporan tugas ditetapkan oleh ketua program studi
(jurusan).
(10) Ujian sidang tugas akhir dinyatakan lulus apabila semua penguji sidang berpendapat
bahwa mahasiswa layak untuk lulus.
Panduan Penulisan Tugas Akhir STMIK IM 8
(11) Apabila salah seorang penguji dengan pertimbangan tertentu menyatakan mahasiswa
tidak layak lulus dalam ujian sidangnya, maka ujian sidang akhir harus diulang. Sidang
tugas akhir ulangan dilakukan paling lambat dua minggu setelah ujian sidang tugas
akhir pertama.
(12) Setelah ujian sidang akhir, apabila dinyatakan lulus, dan setelah dilakukan perbaikan
seperlunyan maka tugas akhir yang telah disetujui Dosen Pembimbing dijilid rapi (hard
cover) sebanyak rangkap 3 (tiga), dengan rincian yaitu 1 buah untuk Program Studi,
1 buah untuk perpustakaan dan 1 buah untuk mahasiswa sendiri.
(13) Apabila tugas akhir tidak dapat diselesaikan pada semester bersangkutan, maka :
(a) Mahasiswa dapat menyelesaikan pada semester berikutnya (topik dan Dosen
Pembimbing tetap sama).
(b) Semester yang bersangkutan tetap diperhitungkan dalam batas waktu maksimal
studi.
(14) Apabila tugas akhir tidak dapat diselesaikan dalam 2 (dua) semester berturut-turut
maka:
(a) Dosen Pembimbing memberi nilai huruf E
(b) Mahasiswa diharuskan menempuh kembali tugas akhir tersebut dengan topik
yang berbeda (pembimbing utama bisa tetap atau berbeda).
(c) Selanjutnya berlaku ketentuan pengambilan tugas akhir tersebut dari mulai awal
lagi termasuk penunjukan Dosen Pembimbing oleh Ketua Program Studi.
Flow dari pelaksanaan Tugas Akhir dapat dilihat dari gambar berikut.
Panduan Penulisan Tugas Akhir STMIK IM 9
FLOWCHART TAHAPAN PELAKSANAAN PENYUSUNAN
LAPORAN TUGAS AKHIR STMIK INDONESIA MANDIRI
Evaluasi
Mulai
Mahasiswa
Minimal
SKS
Dosen Pembimbing
- Topik TA
- Pelaksanaan TA
- Seminar Group
Monitoring
Registrasi
Sidang
Pelaksanaan
Sidang
Lulus
Wisuda
Selesai
T
Y
Y
Y
T
T
Panduan Penulisan Tugas Akhir STMIK IM 10
BAGIAN IV
KERANGKA PENULISAN
4.1. Perwajahan
Perwajahan merupakan bagian pertama laporan tugas akhir yang dapat dilihat oleh
pembaca. Perwajahan berfungsi sebagai petunjuk awal bagi yang berminat membaca laporan tugas
akhir. Perwajahan memuat judul laporan tugas akhir dengan objek yang jelas, nama penulis, logo
STMIK-IM, jurusan yang diikuti oleh penulis. Oleh karena itu perwajahan juga berfungsi sebagai
identitas dan keseragaman bentuk penyusunan.
4.2. Sistematika
Sistematika penulisan laporan tugas akhir merupakan urutan-urutan bagaimana tugas akhir
disajikan dalam bentuk laporan sehingga memudahkan para pembaca memahami isi laporan tugas
akhir. Secara garis besar, laporan tugas akhir disusun dengan sistematika sebagai berikut:
a) Bagian Awal (Preliminary)
b) Bagian Inti (Pokok Kajian)
c) Bagian Akhir (Referensi)
4.2.1. Bagian Awal
1. Halaman Judul Bagian Dalam
Penulisan Judul bagian dalam pada dasarnya adalah sama dengan judul yang tertulis pada
cover bagian depan. Pada lembar judul ini dituliskan pula judul dalam bahasa Inggris (terjemahan)
yang sesuai dengan judul bahasa Indonesia, dan dicetak miring (italic). (lihat contoh)
2. Lembar Pengesahan
Lembar pengesahan ini memuat pengesahan dari Dosen Pembimbing, kemudian
diketahui oleh Ketua Jurusan. Sebagai tanda pengesahan dan persetujuan dibubuhi tanda
tangan di atas nama Dosen Pembimbing dan Ketua Jurusan. Nama Dosen Pembimbing dan
Ketua Jurusan ditulis lengkap dengan gelar akademisnya. (lihat contoh).
3. Abstrak
Abstrak merupakan uraian ringkas dari keseluruhan hasil penelitian, walaupun disajikan dalam
uraian singkat, abstrak harus memuat hal-hal penting dari laporan tugas akhir yang disusun, agar
pembaca memperoleh gambaran yang jelas dari masalah yang diteliti. Abstrak dituliskan secara
singkat yang menjelaskan tentang latar belakang penulisan, metode penulisan yang digunakan untuk
pemecahan masalah, dan implementasi dari metode yang digunakan terhadap penulisan. Abstrak
ditulis dengan huruf Times New Roman, ukuran 12 karakter per inch dengan spasi 1 (satu), dan
dicetak miring (italic). Abstrak dapat menggunakan Bahasa Inggris ditulis antara satu sampai satu
setengah halaman atau 250 - 500 kata.
4. Kata Pengantar
Kata pengantar memuat uraian yang mengantarkan pembaca ke inti masalah
laporan tugas akhir. Pada bagian akhir kata pengantar disampaikan ucapan terima kasih
kepada semua pihak yang telah membantu dalam penulisan laporan tugas akhir. Jika
ucapan terima kasih yang akan disampaikan cukup banyak, ucapan terima kasih dapat
disampaikan dalam lembaran tersendiri setelah lembar kata pengantar dengan
menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
5. Daftar Isi, Tabel, Gambar dan Lampiran
Daftar isi berupa daftar yang memuat isi laporan tugas akhir secara keseluruhan,
mulai dari kata pengantar, daftar isi itu sendiri, daftar tabel, daftar gambar, bagian inti
laporan tugas akhir, bagian akhir laporan tugas akhir, dan lampiran.
Daftar tabel merupakan daftar yang berisi petunjuk tabel-tabel (jika ada) yang ada pada
bagian inti laporan tugas akhir. Daftar tabel harus ditulis secara jelas sehingga memudahkan
pembaca mencari tabel yang diinginkan.
Daftar gambar merupakan daftar yang berisi petunjuk gambar-gambar (jika ada) yang ada
pada bagian inti laporan tugas akhir.
Panduan Penulisan Tugas Akhir STMIK IM 11
Lampiran pada tugas akhir diletakkan pada bagian akhir laporan tugas akhir yang diberi judul
daftar lampiran dengan tujuan untuk memudahkan pembaca mencari data pendukung dalam laporan
tugas akhir.
4.2.2. Bagian Inti
BAB I PENDAHULUAN
Bab pendahuluan berisi Latar Belakang Penulisan, Identifikasi Masalah, Maksud dan
Tujuan Penulisan, Batasan Masalah, Metode Penelitian, dan Sistematika Penulisan.
Latar Belakang Penulisan
Paragraf ini sering disebut motivator atau pendorong dilakukannya suatu penelitian
terhadap suatu masalah dalam rangka penyelesaian tugas akhir yang berfungsi ganda,
yaitu:
Sebagai pendorong bagi mahasiswa untuk melaksanakan kegiatannya, dan
Sebagai pendorong bagi orang lain untuk membaca bagian-bagian selanjutnya dari
laporan tugas akhir, berarti uraian pada paragraf ini harus dapat menggugah minat
pembaca.
Pada paragraf ini perlu juga menjelaskan apa dan mengapa suatu tema/judul
dipilih, dan merupakan uraian informasi sehubungan dengan timbulnya masalah penelitian
informasi/data mengenai timbulnya masalah yang perlu dicari untuk mengetahui kedudukan
masalah yang pasti.
Empat komponen latar belakang penelitian yang perlu diperhatikan adalah:
1) Sinyalemen atau konstalasi kegiatan masalah yang diteliti
2) Relevansi dan intensitas pengaruh masalah yang akan diteliti, dengan bidang terapan
ilmu yang dipelajari
3) Keserasian pendekatan yang digunakan sesuai dengan bidang terapan ilmu yang
dipelajari
4) Gambaran kegunaan penelitian
Pengungkapan bagian ini harus dapat memberikan jawaban atas pertanyaanpertanyaan
berikut:
1) Apa yang telah diketahui, baik teoritis maupun faktual tentang masalah yang akan
diteliti?
2) Adakah permasalahan yang perlu diteliti?
3) Bagian mana yang menarik dari masalah yang diteliti itu?
4) Apakah mungkin secara teknis masalah itu diteliti?
Identifikasi Masalah
Identifikasi masalah adalah aspek abstraksi dan pemilihan yang tepat terhadap
aspek masalah yang akan diteliti. Dengan perkataan lain, identifikasi masalah merupakan
kemungkinan-kemungkinan masalah yang akan timbul dalam penulisan. Perumusan
identifikasi masalah mempunyai konsekuensi relevansi dengan tujuan dan kegunaan penelitian
khususnya pada isi Bab III. Penyajian identifikasi masalah pada umumnya dinyatakan dalam
kalimat-kalimat tanya (apa, bagaimana, mengapa, sampai sejauh mana, dan lain-lain).
Maksud dan Tujuan Penulisan
Paragraf ini mengetengahkan indikator-indikator apa yang hendak ditemukan dalam
penelitian, terutama indikator-indikator yang berkaitan dengan variabel-variabel yang akan
diteliti. Tujuan merupakan arah pelaksanaan penulisan yang menguraikan apa yang akan
dicapai serta merumuskan tujuan umum penulisan yang konsisten dengan masalah pokok
penulisan (oleh karena itu urutannya pun harus mengikuti konsistensi seperti yang berlaku
untuk identifikasi masalah).
Batasan Masalah
Paragraf ini menjelaskan atau memilih masalah dari kemungkinan yang ada disertai
argumentasinya. Untuk permasalahan yang terlalu luas dapat dipersempit masalahnya atau
permasalahan yang ada diuraikan menjadi masalah yang lebih kecil. Hal ini dimaksudkan agar
materi penulisan dan permasalahan yang akan diuraikan tidak membingungkan penulis
Panduan Penulisan Tugas Akhir STMIK IM 12
maupun pembaca, atau kemungkinan akan mengakibatkan permasalahan yang akan diuraikan
akan keluar dari pokok permasalahan itu sendiri.
Metode Penelitian
Paragraf ini menerangkan secara ringkas tentang :
1) Metode penelitian (metode penelitian yang digunakan sesuai dengan tujuan laporan tugas
akhir sebagaimana termaksud pada Bab I butir 1.3., lebih bersifat description research
seperti: case study, development research, correlation study, dan sebagainya)
2) Metode atau teknik pengumpulan data (observasi, wawancara, angket)
3) Teknik analisis dan metode pengujian (kalau ada).
Catatan:
1) Sebagai pedoman dalam melakukan penelitian mulai dari langkah awal yaitu memilih
masalah atau mencari ide penelitian, perumusan judul sampai dengan pengolahan data
dan menarik kesimpulan, sedikitnya mahasiswa harus berpegang pada 1 (satu) buku
metode riset atau sejenisnya, pengambilan kutipan dari buku referensi dalam penyajian
penulisan metode penelitian tersebut di atas, harus mencantumkan catatan sumber
kutipan.
2) Apabila mahasiswa dalam pengumpulan data menggunakan alat bantu (instrumen
pengumpulan data) seperti, pedoman observasi (check list), pedoman wawancara
(interview guide) dan angket/kuisioner (check list/questionnaires); instrumen-instrumen
tersebut harus dilampirkan.
Sistematika Pemulisan
Menguraikan tentang bagaimana suatu penulisan dibuat secara sistematis, terurut,
khususnya pada bagian isi dari penulisan. Pada bagian ini secara garis besar dituliskan judul,
sub judul, dan penjelsan dari sub judul tersebut apabila diperlukan.
BAB II TINJAUAN PUSTAKA atau LANDASAN TEORI
Bab ini menjelaskan definisi dari variabel-variabel yang menjadi topik
permasalahan, teori (atau teori-teori) yang relevan dengan masalah yang akan diteliti.
Tinjauan pustakan ini dapat pula berisi uraian tentang datasekunder yang diperoleh dari
publikasi baku (misalnya, job title), publikasi ilmiah, atau hasil penelitian pihak lain yang
dapat dijadikan pertimbangan dan kaidah-kaidah teoritis, serta asumsi-asumsi yang
memungkinkan terjadinya penalaran untuk menjawab masalah yang diteliti.
Pada bab ini dimungkinkan mengajukan lebih dari satu teori atau data
sekunder untuk membahas permasalahan yang menjadi topik tugas akhir, sepanjang teoriteori
dan/atau data sekunder itu berkaitan dan tidak kontradiktif. Penulis tidak boleh
mencantumkan teori sekunder sebagai pendukung pembahasan bab selanjutnya, misalnya
teori yang dipakai oleh mahasiswa dalam penulisan TA, dijadikan sebagai bahan referensi.
Contohnya : Sistem informasi adalah …………( Susilawati : Laporan TA 2000/2001 hal 21 ).
Referensi semacam ini TIDAK DIBENARKAN.
Catatan:
1) Dalam rangka memperkaya ilmu dan teori-teori, sebagai referensi, mahasiswa wajib
menggunakan paling sedikit 3 (tiga) buku yang relevan dengan masalah yang akan
diteliti.
2) Dalam kenyataan sering terjadi definisi yang dikemukakan seorang penulis berbeda
dengan yang dikemukakan penulis lainnya. Hal ini mungkin terjadi karena perbedaaan
sudut pandang, untuk memberikan keyakinan tentang suatu definisi, maka mahasiswa
sedikitnya diwajibkan mengutip 3 (tiga) definisi dari 3 (tiga) buku yang berbeda,
kemudian ketiganya diperbandingkan dan disimpulkan.
Pada bab ini juga dapat dideskripsikan gambaran umum instansi/lembaga tempat
melakukan penelitian. Pada hakekatnya bab ini berisi sejarah singkat, struktur organisasi,
bidang kegiatan/usaha dari instansi dan lembaga yang bersangkutan. Deskripsi selanjutnya
merupakan gambaran umum pada bagian dimana mahasiswa melakukan penelitian atau
bagian tempat memperoleh data.
Panduan Penulisan Tugas Akhir STMIK IM 13
BAB III ANALISIS DAN PEMECAHAN MASALAH
Pada bab ini dijelaskan mengenai masalah yang akan diuraikan konsisten dengan
tujuan penelitian yang telah diuraikan pada bab pendahuluan. Permasalahan akan diperoleh
dari penjelasan mengenai gambaran umum pada bagian dimana mahasiswa melakukan
penelitian atau memperoleh data. Pada Bagian/Divisi/Biro/Badan tersebut akan diperoleh
masalah yang sedang dan/atau akan dihadapi. Analisis permasalahan ini harus dapat
diuraikan dengan detail tanpa mengurangi tujuan pokok permasalahan.
Pada umumnya Perusahaan/Instansi/Lembaga yang menjadi tempat memperoleh
data menginginkan Sejarah Perusahaan dicantumkan dalam penulisan. Sejarah ini dapat
diuraikan secara global yang manguraikan tentang Sejarah Perusahaan, Tugas dan
Tanggung Jawab tiap-tiap Bagian, dan uraian tentang analisis dari tugas-tugas yang ada
pada bagian dimanan mahasiswa melakukan penelitian. Tetapi apabila
Perusahaan/Instansi/Lembaga tidak meminta adanya Sejarah Perusahaan, maka penulisan
ini boleh tidak dituliskan.
Masalah yang telah diuraikan dapat dipecahkan dengan metode yang digunakan.
Pemecahan masalah dapat berbentuk disain dan/atau perhitungan matematis yang
kemudian dijelaskan mengenai pemecahan tersebut. Disain ini berupa disain dari suatu
metode yang dipilih dalam memecahkan masalah (disain sistem atau disain model), disain
masukan (Input Disegn), disain antar muka (Interface Design), disain keluaran (hasil yang
sesuai dengan tujuan penulisan). Biasanya bentuk disain masukan dan disain keluaran
sesuai dengan yang diinginkan perusahaan/instansi, atau disain yang dibuat sendiri oleh
penulis yang dapat diterima oleh perusahaan/instansi. Disain ini harus dapat bersifat efisien,
efektif, fleksibel, sederhana, dan informatif. Apabila permasalahan menggunakan
perhitungan matematis dapat menggunakan tabel atau gambar yang harus dijelaskan
secara detail.
Variabel-variabel yang diteliti (variabel masukan dan variabel keluaran) merupakan
data yang dibutuhkan dalam pengolahan data dari data mentah (dokumen dasar) menjadi
informasi yang berguna bagi semua pihak, terutama bagi instansi/perusahaan. Pengolahan
data ini dapat menggunakan tabel, gambar (disain database), atau diuraikan dalam kalimatkalimat
yang mudah dimengerti.
Khusus untuk mahasiswa STRATA SATU perlu disertakan penulisan tentang analisis
perbedaan antara sistem lama dengan sistem baru (sistem yang dibuat dalam penulisan),
atau keunggulan dari produk inovatif yang dibuat terhadap masalah yang timbul sebelum
produk tersebut dibuat. Hal ini dimaksudkan agar mahasiswa dapat berfikir secara kritis dan
dapat menganalisa permasalahan dari berbagai sudut pandang.
BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN
Kesimpulan pada dasarnya berupa temuan-temuan penelitian, baik secara deskriptif
(hasil pengukuran variabel) maupun secara analitis (berkenaan dengan hasil pengujian
hipotesis), yakni hipotesis mana yang terbukti dan apa maknanya yang dirumuskan dalam
bentuk penyataan secara ketat dan padat, sehingga tidak menimbulkan penafsiran lain.
Informasi yang disampaikan dalam kesimpulan dapat berupa: pendapat baru; koreksi atas
pendapat lama, pengukuhan pendapat lama atau menumbangkan pendapat lama yang
berkaitan dengan masalah yang diteliti.
Saran merupakan tindak lanjut dari kesimpulan, berupa anjuran atau rekomendasi,
yang dapat menyangkut aspek operasional kebijakan maupun konseptual. Saran berisi
gagasan-gagasan atau pemikiran atas dasar hasil penelitian, saran untuk memperbaiki atau
meningkatkan makna suatu variabel dari berbagai sudut yang berkepentingan dengan
variabel tersebut. Saran hendaknya bersifat konkrit, realistik, bernilai praktis, dan terarah.
4.2.3. Bagian Akhir
Pada bagian akhir hanya berisikan lampiran-lampiran yang dibutuhkan untuk mendukung
penulisan. Lampiran tersebut berupa : Listing Program, Tampilan Input Program, Tampilan Output
Program, dan lampiran pendukung lainnya yang diperoleh dari perusahaan/instansi.
Panduan Penulisan Tugas Akhir STMIK IM 14
A. LISTING PROGRAM
Listing program yang berupa source program harus disertakan dalam laporan apabila Penulis
membuat suatu paket program sebagai alat bantu pemecahan masalah (problem solving). Listing
program dibuat dalam jarak 1 spasi, dengan jenis huruf Courier New ukuran 10 char./inch. Nomor
halaman pada bagian kanan atas yang dimulai dari nomor 1.
B. LISTING INPUT DAN OUTPUT PROGRAM
Pada dasarnya program yang dibuat adalah sebagai aplikasi pengolahan data, sehingga harus
ada data yang dimasukkan dan ditampilkan melalui program. Pada saat pemasukan data, program
akan meminta user untuk memasukkan sedikitnya 1 buah record. Tampilan pemasukaan data inilah
yang disertakan dalam lampiran lengkap dengan contoh pemasukan data.
Sama halnya dengan tampilan input, tampilan output juga diikutsertakan dalam lampiran.
Tampilan output program biasanya berupa tabel-tabel atau gambar/grafik yang merupakan hasil dari
data yang dimasukkan melalui tampilan input. Data yang ditampilkan sedikitnya berisikan 10 buah
record, agar terlihat perbedaannya antara permasalahan dengan keunggulan program yang dibuat.
C. LAMPIRAN PENDUKUNG LAINNYA
Lampiran pendukung yang dimaksud adalah formulir (form) yang diperoleh pada waktu
penelitian, dapat berupa dokumen dasar, tabel-tabel, gambar-gambar, slip pembayaran, dan lainlain.
Lampiran ini dapat disertakan apabila diperlukan.
Panduan Penulisan Tugas Akhir STMIK IM 15
BAGIAN V
ATURAN PENULISAN NASKAH
5.1. Bahan Yang Digunakan
Kriteria bahan-bahan yang digunakan guna melengkapi penulisan Laporan Tugas Akhir agar
penulisan terlihat baik, seragam dan manggugah minat baca, antara lain :
1. Kertas yang digunakan untuk mengetik laporan adalah kertas HVS 80 gram ukuran A4 (21,5 cm
x 29,7 cm) warna putih.
2. Untuk sampul luar (kulit luar) ditetapkan sampul kertas (soft cover). Bahan yang digunakan
adalah karton buffalo atau linen, dengan warna biru muda untuk D3 dan biru tua untuk S1.
3. Tiap bab diberi pembatas dengan kertas doorslag, warna biru muda berlogo STMIK-IM.
4. Catatan : untuk penulisan naskah selama dalam bimbingan sampai dengan diujikan, dapat
menggunakan kertas HVS dengan kualitas lebih rendah, sampul luar tidak perlu menggunakan
hard cover.
5.2. Lay-Out Kertas
Laporan tugas akhir diketik menggunakan komputer dengan program pengolah kata MS-Word,
dengan ketentuan sebagai berikut :
• Top Margin (pinggir atas) : 4 cm dari tepi kertas atas
• Bottom Margin (pinggir bawah) : 3 cm dari tepi kertas bawah
• Left Margin (pinggir kiri) : 4 cm dari tepi kertas kanan
• Right Margin (pinggir kanan) : 3 cm dari tepi kertas kanan
Untuk penulisan judul, pengetikannya dimulai pada jarak 5 (lima) cm dari atas kertas.
Pengetikan laporan tugas akhir harus disesuaikan agar memenuhi ketentuan di atas serta
tidak diperkenankan mencantumkan header dan footer dalam bentuk apapun.
Margin penulisan naskah :
Panduan Penulisan Tugas Akhir STMIK IM 16
5.3. Cara Pengetikan
Pengetikan dan editing berhubungan langsung dengan software pengolah kata yang
digunkan. Aturan penulisan ini dibuat standar (standar internasional) atau baku dengan ketentuan
sebagai berikut :
1. Pengetikan hanya dilakukan pada satu muka kertas, tidak bolak-balik.
2. Jenis huruf yang digunakan adalah Times New roman.
3. Ukuran huruf yang digunakan harus standar, dengan ketentuan sebagai berikut
• Judul dengan ukuran 14 karakter per inch dicetak tebal
• Sub judul dengan ukuran 12 karakter per inch dicetak tebal
• Isi naskah dengan ukuran 12 karakter per inch dicetak biasa
4. Pengetikan bahasa asing menggunakan huruf miring (Italic)
5 cm
BAB XX
JUDUL BAB
no. Sub judul
…………………………………………………
…………………………………………………
4 cm ………………………………………………… 3 cm
…………………………………………………
…………………………………………………
…………………………………………………
…………………………………………………
no. hal
3 cm
3
4 cm
no
…………………………………………………
…………………………………………………
…………………………………………………
…………………………………………………
…………………………………………………
4 cm ………………………………………………… 3 cm
…………………………………………………
…………………………………………………
…………………………………………………
…………………………………………………
…………………………………………………
3 cm
Panduan Penulisan Tugas Akhir STMIK IM 17
5. Pencetakan dapat menggunakan berbagai jenis printer
6. Tidak diperkenankan adanya salah ketik (baik kalimat maupun nama)
5.4. Spasi
Spasi yang digunakan dalam penulisan laporan tugas akhir bermacam-macam tergantung
pada bab atau aturan dimana penulisa harus menuliskan naskahnya. Aturan spasi yang digunakan
sebagai berikut :
1. Jarak antara baris yang satu dengan baris berikutnya adalah 2 (dua) spasi
2. Jarak antara nomor bab (contoh : BAB I) dengan judul bab (contoh : PENDAHULUAN) adalah 2
(dua) spasi.
3. Jarak antara judul bab denagn sub bab adalh 4 (empat) spasi.
4. Jarak antara sub bab dengan baris pertama teks adalah 2 (dua) spasi.
5. Jarak antara baris akhir teks dengan sub bab berikutnya adalah 4 (empat) spasi.
6. Jarak antara teks dengan tabel, gambar, grafik, diagram, atau judulnya adalah 3 (tiga) spasi.
7. Alinea baru diketik menjorok ke dalam satu tabulas idari margin kiri teks. Jarak antara alinea
yang satu dengan alinea yang lain adalah 2 (dua) spasi.
8. Petunjuk bab dan tajuk selalu dimulai dengan halaman baru.
5.5. Kutipan
Kutipan biasanya diperoleh dan ditulis langsung dari bahan referensi yang dipakai dan
dituliskan sesuai aslinya. Kutipan ini biasanya selalu ada dalam penulisan tugas akhir terutama
penjabaran mengenai teori penukung penulisan. Aturan penulisan kutipan yang berlaku pada
penulisan laporan tugas akhir adalah sebagai berikut :
1. Kutipan langsung (bisa dalam bahasa aslinya atau terjemahannya), yang terdiri tidak lebih dari 3
(tiga) baris, dimasukkan di dalam teks dengan jarak tetap 2 (dua) spasi, diikuti dengan nama
penulis, tahun dan halaman.
2. Kutipan langsung (bisa dalam bahasa aslinya atau terjemahannya), yang terdiri dari 4 (empat)
baris atau lebih, diketik terpisah dari teks dengan jarak satu spasi dan menjorok masuk satu
tabulasi dari margin kiri teks diikuti nama penulis, tahun, dan halaman. Jarak antara baris akhir
teks dengan kutipan dan jarak antara baris akhir kutipan dengan baris awal teks berikutnya
adalah 2 (dua) spasi.
3. Pengetikan kutipan dalam bahasa asing dilakukan sesuai dengan ketentuan di atas dengan huruf
miring (italic).
4. Penggunaan gagasan atau pemikiran seorang penulis buku, artikel dan sebagainya, walaupun
disusun dengan menggunakan kata-kata sendiri harus pula mencantumkan nama dan tahun
buku/artikel itu ditulis sesuai dengan kebiasaan penulisan pada masing-masing disiplin ilmu.
5.6. Tajuk
Tajuk diketik di halaman baru dengan huruf kapital ditempatkan di tengah-tengah, tanpa
diberi garis bawah, namun diperbolehkan menggunakan cetak tebal.
Yang dimaksud dengan tajuk adalah:
1. DAFTAR GRAFIK (kalau ada)
2. DAFTAR LAMPIRAN
3. DAFTAR PUSTAKA
4. RIWAYAT HIDUP (kalau ada)
5. JUDUL BAB
5.7. Penomoran Bab, Sub Bab, Paragraf, dan Rincian
Penomoran dan jenis penomoran yang digunakan diatur dengan ketentuan sebagai berikut:
1. Penomoran bab menggunakan angka Romawi besar (I, II, III, dan IV) dan ditempatkan di
tengah kertas secara simetris.
2. Penomoran sub bab menggunakan angka biasa dan berurut sesuai nomor bab (2.1., 2.2., 2.3.,
dan seterusnya). Nomor dan judul sub bab ditulis di tepi kiri (align left) dengan kapitalisasi (title
case) dicetak tebal tanpa garis pemisah.
3. Penomoran judul paragraf (apabila ada) menggunakan huruf besar (A, B, C, dan seterusnya)
dengan diberi titik di belakangnya. Nomor dan judul paragraf ditulis di tepi kiri (align left) dengan
kapitalisasi (title case) dicetak tebal tanpa garis bawah.
Panduan Penulisan Tugas Akhir STMIK IM 18
5.8. Penomoran Halaman
3.8.1. Penomoran Halaman di Bagian Awal
Pemberian nomor halaman di bagian awal (preliminary) ditetapkan sebagai
berikut:
1) Penomoran halaman bagian awal, dari mulai halaman judul bagian dalam sampai dengan
halaman daftar lampiran menggunakan angka Romawi kecil (i), (ii), (iii), (iv), (v), dan
seterusnya, dengan ketentuan halaman judul bagian dalam dan halaman pengesahan tidak diberi
nomor halaman tetapi tetap diperhitungkan.
2) Pada tiap halaman yang bertajuk, mulai dari abstrak sampai dengan daftar lampiran, nomor
halaman diletakkan di tengah-tengah bagian bawah kertas berjarak 3 (tiga) spasi dari margin
bawah (bottom of page, center) dan pada halaman-halaman lainnya nomor halaman diletakkan
pada lajur atas sebelah kanan, berjarak 3 (tiga) spasi dari margin atas dan angka terakhir nomor
halaman itu lurus dengan margin kanan teks (top of page, right alignment).
3.8.2. Penomoran Halaman di Bagian Inti
Pemberian nomor halaman pada bagian inti (body text) ditetapkan sebagai berikut:
1) Penomoran halaman mulai dari BAB I sampai dengan BAB V (KESIMPULAN DAN SARAN),
menggunakan angka biasa (1, 2, 3, dan seterusnya).
2) Nomor halaman ditempatkan pada sudut kanan atas berjarak 3 (tiga) cm dari margin atas,
kecuali untuk halaman judul bab ditempatkan di tengah-tengah bagian bawah kertas berjarak 3
(tiga) cm dari margin bawah. (lihat gambar margin).
3.8.3. Penomoran Halaman pada Bagian Akhir
Pemberian nomor halaman pada bagian akhir (reference section) ditetapkan sebagai berikut:
1) Penomoran halaman mulai dari DAFTAR PUSTAKA sampai dengan DAFTAR RIWAYAT HIDUP
(kalau ada), menggunakan angka biasa (1, 2, 3, dan seterusnya), merupakan kelanjutan dari
halaman-halaman bagian inti, dan untuk halaman judul bab ditempatkan di tengah-tengah
bagian bawah kertas berjarak 3 cm dari margin bawah.
2) Pada tiap halaman yang bertajuk, nomor halaman diletakkan pada lajur bawah persis di tengahtengah
berjarak tiga spasi dari margin bawah (bottom of page, center) dan pada halamanhalaman
lainnya nomor halaman diletakkan pada lajur atas sebelah kanan (top of page, right
alignment), berjarak tiga spasi dari margin atas.
5.9. Sampul Luar dan Halaman Judul
Penulisan dan penempatan judul dan sub judul, tulisan LAPORAN TUGAS AKHIR, kalimat
yang menyatakan syarat pembuatan Laporan Tugas Akhir, Nama, NIM, logo STMIK-IM, Nama
Institusi dan tahun penyusunannya, pada sampul luar dan halaman judul dalam, mengikuti
ketentuan berikut:
1) Penulisan JUDUL dan SUB JUDUL diatur sebagai berikut:
a) Judul ditulis paling atas, seluruhnya menggunakan huruf kapital (tanpa garis bawah), cetak
tebal (bold), jarak dari tepi kertas atas kurang lebih 5 (lima) cm.
b) Jenis huruf yang digunakan adalah huruf Times New Roman, tinggi dan lebar huruf
diperhatikan keseimbangannya.
c) Judul ditulis lengkap tanpa ada bagian yang disingkat (kecuali akronim badan hukum
perusahaan yang sudah diterima oleh masyarakat seperti PT, PERUM, dan sebagainya).
d) Judul yang panjang ditulis menjadi dua bagian atau lebih, dengan pemotongan judul yang
logis, sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia.
e) Judul diusahakan disusun dalam bentuk piramida terbalik dengan jarak satu spasi.
f) Judul tidak diakhiri dengan tanda titik.
2) Penulisan LAPORAN TUGAS AKHIR ditulis dengan huruf kapital, penempatan diatur di tengahtengah,
2 (dua) spasi di bawah judul, jenis huruf yang digunakan sama dengan judul tetapi lebih
kecil daripada huruf yang digunakan untuk judul.
3) Penulisan Diajukan sebagai salah satu syarat untuk kelulusan Program Studi ….. (dapat Strata
Satu atau Diploma Tiga) pada Jurusan ….. (dapat Teknik Informatika, Manajemen Informatika,
Sistem Informasi) di Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Indonesia Mandiri,
Panduan Penulisan Tugas Akhir STMIK IM 19
ditempatkan di tengah-tengah kurang lebih satu cm di bawah tulisan LAPORAN TUGAS AKHIR,
jenis huruf lebih kecil daripada huruf yang digunakan untuk tulisan Laporan Tugas Akhir.
4) Nama mahasiswa ditulis dengan menggunakan huruf kapital dengan jenis dan huruf besar sama
dengan yang digunakan sesuai penjelasan butir (2) di atas, penempatan di tengah-tengah
kurang lebih 10 cm dari tulisan “STMIK-IM” yang berada di atasnya. Di bawah nama diikuti oleh
NIM.
5) Nama Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia Mandiri dan tahun penyusunan diatur
sebagai berikut:
a) Nama Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia Mandiri dan hal-hal lain yang
berkaitan, seluruhnya ditulis dengan huruf kapital, diketik kurang lebih 1 cm di bawah
tulisan NIM dengan jenis dan huruf yang sama dengan tulisan “LAPORAN TUGAS AKHIR”
yang dijelaskan pada butir (2) di atas.
b) Tahun penyusunan laporan tugas akhir ditulis di tengah-tengah pada baris paling bawah.
c) Logo STMIK-IM berukuran 4 cm.
5.10. Penomoran Tabel dan Gambar
Tabel yang dimaksud adalah tabel yang dituliskan pada bagian inti yang merupakan
penjelasan atau bagian dari inti penulisan yang dibuat dalam bentuk tabel, bukan merupakan tabel
yang dihasilkan dari formulir dasar atau tabel yang berupa lampiran. Pemberian nomor tabel
ditetapkan sebagai berikut:
a) Judul tabel diberi nomor urut dengan angka biasa sesuai dengan nomor urut Bab dimana tabel
tersebut dibuat.
b) Bentuk umum penulisan Tabel sebagai berikut:
TABEL: Nomor bab.Nomor urut tabel. Judul Tabel
a) Penulisan bentuk umum di atas dituliskan rata kiri pada bagian atas tabel.
b) Penulisan judul tabel dengan kapitalisasi (title case) tanpa diakhiri tanda titik.
c) Contoh penulisan: (urutan tabel ke-5 yang terdapat pada bab 2)
TABEL: 2.5. Data Mahasiswa Peserta Sidang Tugas Akhir
Pemberian nomor gambar ditetapkan sebagai berikut:
a) Judul gambar diberi nomor urut dengan angka biasa sesuai dengan nomor urut Bab dimana
gambar tersebut dibuat.
b) Bentuk umum penulisan Gambar sebagai berikut:
GAMBAR: Nomor bab.Nomor urut gambar. Judul Gambar
c) Penulisan bentuk umum di atas dituliskan di tengah-tengah pada bagian bawah gambar.
d) Penulisan judul gambar dengan kapitalisasi (title case) tanpa diakhiri tanda titik.
e) Contoh penulisan: (urutan gambar ke-10 yang terdapat dalam bab 3)
GAMBAR: 3.10. Data Flow Diagram Level 1
gambar
Panduan Penulisan Tugas Akhir STMIK IM 20
5.11. Daftar Pustaka
Daftar ini harus secara lengkap dan sistematis mencantumkan seluruh buku
sumber yang digunakan dalam penulisana laporan.
1) Spasi dan Indensi
a) Jarak baris yang digunakan untuk pengetikan satu buku referensi dalam daftar pustaka
adalah 1 (satu) spasi.
b) Baris kedua dari setiap buku (jurnal, artikel, dan sebagainya) yang merupakan sumber
referensi diketik menjorok ke dalam kurang lebih 5 (lima) hentakan spasi.
c) Jarak spasi dari satu buku atau sumber referensi ke buku atau sumber referensi lainnya
adalah 1,5 (satu setengah) spasi.
d) Apabila terdapat dua referensi atau lebih yang digunakan dengan nama penulis persis sama,
maka nama penulis pada referensi yang kedua (dan seterusnya) diganti dengan “garis
bawah” sebanyak tujuh hentakan spasi.
2) Tata Cara Penulisan Nama Pengarang Buku Referensi
a) Penulisan daftar pustaka dituliskan berdasarkan urutan abjad pengarang.
b) Penulisan nama pengarang yang terdiri dari dua bagian atau lebih (nama diri dan nama
keluarga), maka nama keluarga ditulis lebih dahulu, baru nama dirinya.
c) Untuk pengarang Indonesia, mengingat banyak orang Indonesia belum terbiasa
mencantumkan nama keluarga, kadang-kadang kita menemukan kesulitan dalam
menentukan mana nama diri dan mana nama keluarga, maka penulisan nama pengarang
Indonesia disarankan sesuai dengan nama yang tercamtum pada bukunya.
d) Untuk pengarang Cina, nama keluarga Cina adalah nama yang ditulis di depan, oleh karena
itu penulisan nama pengarang Cina dilakukan sesuai dengan yang ditulis pada bukunya.
e) Gelar kesarjanaan atau gelar lainnya dan singkatan nama yang ditulis di depan nama
pengarang (kalau ada seperti Rd, H, M, Moch, dan lain-lain) ditulis di belakang nama diri
dengan diberi tanda baca koma antara nama diri dengan gelar dan/atau singkatan nama
tersebut, kemudian diakhiri dengan nama titik.
f) Apabila pengarang buku terdiri dari dua atau tiga orang, penulis pertama ditulis sesuai
dengan ketentuan butir (a) dan (b), penulis lainnya ditulis sesuai dengan yang ditulis pada
bukunya.
g) Apabila pengarang lebih dari tiga orang, yang dicantumkan hanya penulis pertama dengan
menambahkan tulisan et.al. dibelakangnya (tulisan et.al berarti dan lain-lain).
3) Pengetikan Nama Buku, Jurnal atau Artikel
a) Judul buku: diberi garis bawah atau dicetak miring (italic).
b) Kalau judul artikel digunakan merupakan bagian dari satu buku (misalnya beberapa artikel
dengan penulis yang berbeda diedit dalam satu buku), maka judul bukunya mengikuti
aturan butir (a).
c) Judul jurnal tidak diketik biasa, tetapi untuk nama jurnalnya mengikuti aturan butir (a).
4) Urutan Pengetikan Referensi
• Urutan pengetikan yang berasal dari buku diatur sebagai berikut:
a) Nama penulis/pengarang diikuti tanda koma, kemudian
b) Judul buku diikuti tanda koma, kemudian
c) Nama penerbit diikuti tanda koma, kemudian
d) Kota tempat penerbit atau negara bagian tempat penerbit diikuti tanda koma, kemudian
e) Tahun penerbitan diakhiri tanda titik.
• Urutan pengetikan yang berasal dari artikel yang diedit dalam satu buku diatur sebagai
berikut:
a) Nama penulis/pengarang diikuti tanda koma, kemudian
b) Judul artikel diikuti tanda koma, kemudian
c) Nama editor (editor-editor), didahului kata “dalam: “ diikuti tanda koma,
d) Judul buku (diketik dengan huruf tebal) diikuti tanda koma,
e) Penerbit, Kota tempat penerbitan atau negara bagian tempat penerbitan
f) Tahun penerbitan diakhiri tanda titik
g) Masing-masing diberi jarak dua ketukan.
• Urutan pengetikan yang berasal dari jurnal diedit dalam suatu buku diatur sebagai berikut:
a) Nama penulis/pengarang diikuti tanda koma, kemudian
b) Judul artikel, kemudian nama jurnal (dicetak italic) diikuti tanda koma, kemudian
Panduan Penulisan Tugas Akhir STMIK IM 21
c) Nomor halaman, dimulai dari halaman awal sampai dengan akhir artikel
d) Kota tempat penerbitan diikuti tanda koma, kemudian
e) Tahun penerbitan diakhiri tanda titik
f) Masing-masing diberi jarak dua ketukan.
Contoh Penulisan Daftar Pustaka:
1. Abdul Kadir, Konsep dan Tuntunan Praktis Basis Data, ANDI Offset, Yogyakarta, 1999.
2. Loomis, Mary, Data Management and File Processing, Prentice Hall, New Jersey, 1983.
Lampiran
Bagian ini biasanya berisi seluruh materi yang perlu diikutsertakan atau merupakan hasil
pembuktian dari isi penulisan, seperti:
a) Lampiran biasanya berisikan berturut-turut listing program, run input, run output, formulir
(dokumen dasar), gambar (jika ada), dan lampiran lain yang dianggap perlu.
b) Penulisan judul lampiran dituliskan pada lembar baru yang ditempatkan di tengah-tengah kertas
secara simetris dari bagian atas dan bagian kiri kertas.
c) Judul lampiran seluruhnya ditulis dengan huruf kapital.
d) Penomoran halaman lampiran disesuaikan dengan urutan judul lampiran, misalnya apabila judul
lampirannya:
LAMPIRAN A
LISTING PROGRAM
maka nomor halaman adalah 1a, 2a, 3a, dan seterusnya, yang ditempatkan pada bagian atas
kanan kertas (seperti pada nomor halaman bab I – bab V).
e) Pengetikan listing program ditulis dengan ketentuan sebagai berikut:
• Menggunakan jenis huruf Courier New dengan ukuran 10 karakter per inch.
• Jarak penulisan 1 (satu) spasi.
• Urutan penulisan sesuai dengan urutan program, misalnya program 1, program 2, dan
seterusnya, dan tidak boleh acak.
f) Lampiran berupa run input program adalah hasil program (eksekusi program) berupa input data
yang harus dimasukkan yang dapat berupa tabel atau gambar.
g) Lampiran berupa run output program adalah hasil program (eksekusi program) berupa hasil
pengolahan data yang ditampilkan dan biasanya berbentuk tabel atau rincian data pengolahan,
contoh: KHS, struk gaji, kwitansi pembayaran telpon, dan lain-lain.
h) Lampiran berupa formulir (dokumen dasar), gambar, dan lain-lain dapat dicantumkan dan tidak
perlu diberi nomor halaman.
1,5 spasi
Panduan Penulisan Tugas Akhir STMIK IM 22
BAGIAN VI
UJIAN SIDANG TUGAS AKHIR
6.1. Tujuan Sidang Ujian Tugas Akhir
Tujuan dilaksanakannya Sidang Tugas Akhir adalah sebagai berikut:
1. Untuk menyiapkan mahasiswa menjadi anggota masyarakat yang mempunyai kemampuan
akademik dan atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan, dan menciptakan
ilmu pengetahuan dan teknologi.
2. Untuk menggali kemampuan mahasiswa secara teoritis dan praktis dalam
mempertanggungjawabkan hasil penelitian dan karya tulisnya yang tertuang dalam bentuk
laporan tugas akhir.
3. Untuk membina mental mahasiswa sebelum terjun ke masyarakat dalam menerapkan ilmu yang
telah diperolehnya di perguruan tinggi.
6.2. Pelaksanaan Evaluasi Sidang Ujian Tugas Akhir
Evaluasi Tugas Akhir dilaksanakan setelah mahasiswa menyelesaikan penulisan
laporan Tugas Akhir dan disetujui oleh pembimbing untuk disidangkan. Sidang laporan
tugas akhir dapat dilakukan sebelum mahasiswa menyelesaikan seluruh mata kuliah
Sidang Ujian Akhir berlangsung maksimal 2 jam, terbagi dalam 2 jenis Ujian, yaitu Sidang
Komprehensif dan Presentasi dari Laporan TA yang dibuat.
A. Sidang Komprehensif
Sidang Komprehensif adalah ujian bagi mahasiswa di hadapan para penguji Sidang
Tugas Akhir terhadap beberapa mata kuliah sebagai penilaian terhadap pemahaman
mahasiswa pada suatu mata kuliah. Mata kuliah yang akan diujikan ditentukan sendiri oleh
mahasiswa dari daftar mata kuliah yang diberikan oleh Jurusan masing-masing.
B. Sidang Laporan Tugas Akhir
Sidang Presentasi Laporan TA adalah pertanggungjawaban mahasiswa di hadapan
para penguji Sidang Tugas Akhir mengenai Laporan TA yang telah dibuat.
Sebelum ujian sidang berlangsung mahasiswa diharuskan menyerahkan laporan
tugas akhir dalam bentuk jilid biasa (draft laporan) dan menyerahkan disket yang berisi
source program (program aplikasi dalam bentuk yang siap dijalankan), atau dapat langsung
disimpan ke PUSKOM apabila memori yang digunakan cukup besar.
6.3. Sasaran Evaluasi
Sasaran evaluasi tim Dosen Pembimbing terhadap Tugas Akhir yang ditulis mahasiswa adalah
sebagai berikut :
(1) Sistematika penulisan Tugas Akhir, ditinjau dari penyusunan yang logis, dan keruntutannya
seperti yang dikemukakan pada bab V di atas.
(2) Isi laporan Tugas Akhir, yaitu penilaian terhadap masalah yang diajukan sebagai bahan
penelitian, penuturan bahasa yang komunikatif dan baku, bobot cakupan kesimpulan, arti
pentingnya laporan tugas akhir terhadap pengembangan ilmu dan kegunaan praktisnya.
(3) Analisis, yaitu pembahasan dan penarikan kesimpulan. Hal ini berkaitan dengan kemahiran
memformulasikan masalah yang diteliti secara jelas, cara mempertanggungjawabkan dalam
pemecahan masalah, penggunaan literatur, pengaitan antara teori dan model yang digunakan,
dan pengalaman praktis selama mengadakan pengumpulan data, serta pengungkapan secara
sistematis/analitis, dsb.
(4) Kesepadanan antara konsep teoritis dari analisa permasalahan dengan konsep praktisnya yaitu
perancangan dan pembangunan system aplikasinya
(5) Penguasaan pengetahuan faktual, yang merupakan pengetahuan yang mencakup topik Tugas
Akhir baik langsung maupun tidak langsung.
(6) Cara menginterpretasikan, membahas menanggapi dan/atau memecahkan masalah, berkaitan
dengan analisis pada butir (3) di atas. Hal ini mencakup bagaimana kemandirian mahasiswa,
dalam melaksanakan penelitian, kretivitas, orisinalitas, dalam menginterpretasi dan membahas
hasil penelitian, cara kerja yang menunjukan ketekunan, motivasi yang kuat, obyektivitas
pendekatan dan etika ilmiah dalam melakukan kegiatan Tugas Akhir.
Panduan Penulisan Tugas Akhir STMIK IM 23
6.3. Ketentuan Dasar Pelaksanaan Sidang Tugas Akhir
6.3.1. Ketentuan Akademik
Sidang ujian akhir/skripsi hanya dapat dilaksanakan jika Tugas Akhir telah selesai ditulis oleh
mahasiswa dalam kurun waktu minimal dua bulan efektif (dibuktikan dengan kartu bimbingan Tugas
Akhir yang ditandatangani oleh Dosen Pembimbing). Pelaksanaan sidang ujian akhir direncanakan
oleh jurusan dengan memperhatikan ketentuan-ketentuan yang berlaku.
Program pelaksanaan sidang ujian akhir ini disampaikan kepada mahasiswa yang bersangkutan serta
panitia sidang, dilampiri dengan Tugas Akhir dari mahasiswa yang bersangkutan.
6.3.2. Ketentuan Administrasi
1. Peserta sidang ujian akhir/skripsi adalah mahasiswa yang terdaftar sebagai mahasiswa
Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan KomputerIndosesia Mandiri “STMIK-IM” dan
telah melunasi uang kuliah tahun akademik yang berjalan (dengan melampirkan bukti
pembayaran uang kuliah).
2. Mengisi formulir permohonan sidang yang disetujui oleh Dosen Pembimbing dan Ketua
jurusan (lihat lampiran) dilengkapi dengan surat pernyataan telah melakukan penelitian dari
perusahaan yang menjadi tempat penelitian disertai cap dan tanda tangan pejabat yang
berwenang di perusahaan (lihat lampiran).
3. Menyerahkan draft Tugas Akhir yang telah disahkan oleh Dosen Pembimbing, Ketua jurusan
sebanyak 3 eksemplar.
4. Menyerahkan Surat Keterangan Mengikuti Sidang yang telah ditandatangani oleh dosen
pembimbing.
5. Menyerahkan daftar hadir bimbingan
6. Menyerahkan program aplikasi TA (dengan source program).
7. Menyerahkan surat keterangan bebas pembayaran uang kuliah dari BAKeu dan foto copy
kwitansi pembayaran Bimbingan
8. Menyerahkan keterangan bebas pinjaman buku dari perpustakaan
9. Mempresentasikan penulisannya pada sidang dengan ketentuan :
􀂃 Berpakaian rapi. Untuk peserta pria mengenakan kameja lengan panjang putih, celana
panjang hitam, dengan jaket almamater dan tidak diperkenankan berambut panjang.
Untuk peserta wanita mengenakan kameja lengan panjang putih, rok hitam dengan
jaket almamater. Tidak diperkenankan memakai sandal.
􀂃 Menggunakan overhead projector (OHP) dengan jumlah plastik transparan dibatasi
tidak lebih dari 15 lembar.
􀂃 Penjilidan (soft cover) dilakukan setelah ujian sidang dan telah mendapatkan
pengesahan lulus atau telah memperbaiki laporan tugas akhir dari dosen pembimbing,
dibuat minimal rangkap 2 (dua)
􀂃 Penyerahan laporan tugas akhir yang dilid (soft cover) paling lambat seminggu setelah
sidang dilakukan.
6.4. Evaluator
Pada dasarnya Tugas Akhir dievaluasi oleh dua pihak yaitu oleh :
• Dosen Pembimbing
• Penguji
6.5. Tim Penguji
Tim penguji ditetapkan oleh Ketua program studi atau oleh panitia ujian akhir program. Penguji
sekurang-kurangnya memenuhi persyaratan yang dikenakan kepada Dosen Pembimbing.
(1) Tim penguji sekurang-kuarangnya dua orang
(2) Sasaran evaluasi tim penguji sama dengan sasaran evaluasi Dosen Pembimbing, ditambah
dengan:
• Kemampuan menanggapi pertanyaan, sesuai karya tulis yang dibuatnya.
Panduan Penulisan Tugas Akhir STMIK IM 24
• Penguasan materi karya tulis laporan tugas akhir dikaitkan dengan integrasi, dan aplikasi
mata kuliah utama, serta keluasan wawasan mahasiswa dibidang terapan ilmunya
(Komprehensif).
• Penguasaan Pemrograman minimal penguasaan bahasa pemrograman yang diterapkan
dalam penelitiannya.
(3) Penilaian tim penguji mempunyai bobot yang sama, diberikan dalam bentuk angka antara 0 –
100
(4) Hasil akhir tim penguji adalah rata-rata angka mutu para penguji.
6.6 Hasil Evaluasi
Karena kedudukan Tugas Akhir tidak berbeda dengan mata kuliah lainnya, maka hasil ujian laporan
tugas akhir tidak menghasilkan yudisium. Yudisium ditetapkan atas dasar IPK (Indeks Prestasi
Komulatif) akhir studi.
(1) Skor akhir evaluasi tugas akhir diperoleh dari hasil rata-rata-rata angka mutu tim Dosen
Pembimbing dan angka mutu tim penguji yang bobotnya sebagai berikut :
• Tim Dosen Pembimbing : 60% (enampuluh persen)
• Tim penguji : 40% (Empatpuluh persen),
Sehingga skor akhir berupa angka mutu dengan rentang 60-100
(2) Penilaian oleh tim penguji dalam sidang akhir dilakukan sebagai berikut :
• Penguji Tugas Akhir : 50%
• Penguji Komprehensip : 50%
(3) Skor akhir (nilai dari Dosen Pembimbing dan Penguji) dialihkan menjadi huruf mutu, sesuai
cara penilaian sebagai berikut :
80 - 100 = A
70 - 79 = B
60 - 69 = C
(4) Hasil sidang ujian akhir program sekurang-kurangnya memperoleh skor 60.
(5) Hasil penilaian yang diberikan oleh tim penguji adalah final, artinya apabila mahasiswa telah
dinyatakan lulus, namun laporan tugas akhirnya ternyata harus diperbaiki, hasil perbaikan
laporan tugas akhir tidak mengubah nilai (huruf mutu).
6.7. Hasil Evaluasi Tim Penguji
(1) Hasil Evaluasi Sidang Ujian Akhir akan diumumkan langsung saat mahasiswa selesai
mempertahankan hasil penelitiannya
(2) Dalam sidang ujian akhir program dimungkinkan adanya masukan baru dari tim
penguji, yang dapat diusulkan sebagai bahan perbaikan laporan Tugas Akhir.
(3) Usulan perbaikan disampaikan kepada mahasiswa yang bersangkutan oleh
Ketua/sekretaris panitia ujian atau Ketua tim penguji.
(4) Panitia ujian menyerahkan supervisi pelaksanakan penyelesaian perbaikan laporan
Tugas Akhir tersebut pada Dosen Pembimbing. Perbaikan harus selesai selambatlambatnya
dalam waktu 2 minggu terhitung setelah tanggal sidang ujian akhir
dilaksanakan.
(5) Tim Dosen Pembimbing bertanggung jawab terhadap pelaksanaan penyelesaian
perbaikan Tugas Akhir tersebut.
(6) Hasil perbaikan Tugas Akhir diserahkan mahasiswa kepada Ketua program studi,
setelah disetujui oleh Dosen Pembimbing dengan membubuhkan tanda tangannya.
(7) Hasil perbaikan laporan Tugas Akhir tidak mengubah huruf mutu yang telah ditetapkan
sebagai hasil ujian akhir program.
6.8. Yudisium
Yudisium ujian akhir program didasarkan IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) akhir studi. Yudisium dapat
dilaksanakan, walaupun pada sidang ujian akhir program mahasiswa dinyatakan harus memperbaiki
laporan tugas akhir.
Mahasiswa dapat mengikuti wisuda walaupun harus memperbaiki laporan tugas akhir/skripsi. Dalam
wisuda ijasah tidak diserahkan, dan ijasah tersebut baru diserahkan oleh BAAK/Jurusan setelah
perbaikan laporan Tugas Akhir selesai.
Panduan Penulisan Tugas Akhir STMIK IM 25
Perbaikan laporan Tugas Akhir dilaksanakan dalam batas waktu maksimal satu bulan terhitung sejak
pengumuman yudisium.
Panduan Penulisan Tugas Akhir STMIK IM 26
BAB VII
DOKUMENTASI
Untuk kepentingan dokumentasi laporan dan Program Aplikasi maka :
• Tugas Akhir yang telah dijilid rapi diserahkan kepada :
(1) 1 (satu) buah kepada Ketua Program Studi
(2) 1 (satu) buah kepada Perpustakaan STMIK-IM
• Menyerahkan 1 (satu) buah CD yang berisikan karya tulis dan program Aplikasi.
Panduan Penulisan Tugas Akhir STMIK IM 27
BAB VIII
SANKSI
Apabila dalam kurun waktu sebelum dan selama menempuh sidang ujian akhir program, setelah
melalui proses pembuktian, ternyata laporan Tugas Akhir dianggap tidak sah oleh Ketua program
studi, maka laporan Tugas Akhir tersebut dinyatakan batal dan mahasiswa diharuskan menempuh
tugas akhir mulai dari proses awal.
Apabila laporan Tugas Akhir tersebut dapat dibuktikan merupakan tiruan, jiplakan, atau
gubahan dari laporan tugas akhir mahasiswa lain, maka mahasiswa yang bersangkutan dapat
dikenakan sanksi skorsing selama satu semester.
Panduan Penulisan Tugas Akhir STMIK IM 28
CONTOH HALAMAN JUDUL (Cover depan)
LAPORAN TUGAS AKHIR
Diajukan sebagai salah satu syarat untuk kelulusan
Program Studi Strata Satu (S1)
pada Jurusan Teknik Informatika
Disusun Oleh
Nama :
NIM :
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA & KOMPUTER
INDONESIA MANDIRI
BANDUNG
2004
J U D U L T U G A S A K H I R
(dalam bahasa Indonesia)
LOGO
STMIK-IM
4 cm
4 cm
Panduan Penulisan Tugas Akhir STMIK IM 29
CONTOH HALAMAN JUDUL DALAM
LAPORAN TUGAS AKHIR
Diajukan sebagai salah satu syarat untuk kelulusan
Program Studi Strata Satu (S1)
pada Jurusan Teknik Informatika
Disusun Oleh
Nama :
NIM :
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA & KOMPUTER
INDONESIA MANDIRI
BANDUNG
2004
J U D U L T U G A S A K H I R
(dalam bahasa Indonesia)
J U D U L T U G A S A K H I R
(dalam bahasa Inggris)
LOGO
STMIKIM
4 cm
4 cm
Panduan Penulisan Tugas Akhir STMIK IM 30
CONTOH LEMBAR PENGESAHAN
P E N G E S A H A N
Laporan Tugas Akhir yang Berjudul
Telah Disetujui dan Disahkan :
Bandung, - - 200
Ketua Jurusan ……….., Dosen Pembimbing,
(……nama jelas…….) (……nama jelas.….)
CONTOH PENULISAN KUTIPAN
• Contoh kutipan dari beberapa definisi tanpa mengambil kesimpulan dengan jumlah baris kutipan
tidak lebih dari 3 (tiga) baris (tetap 2 spasi) :
J U D U L T U G A S A K H I R
(dalam bahasa Indonesia)
J U D U L T U G A S A K H I R
(dalam bahasa Inggris)
Panduan Penulisan Tugas Akhir STMIK IM 31
Informasi sangat erat kaitannya dengan data. Informasi berasal dari data. Dalam bukunya,
Henry C. Lucas menyatakan bahwa informasi adalah sesuatu yang nyata atau setengah nyata yang
dapat mengurangi derajat ketidak-pastian tentang suatu keadaan atau kejadian. (1987:4). Pendapat
lain menjelaskan kaitan data dengan informasi dalam bentuk informasi sebagai berikut: information
is data that has been processed into a form that meaningful to the recipient and is of real or
perceived value in current or prospective actions or decisions. (Davis, 1985:200).
• Contoh kutipan dari beberapa definisi tanpa mengambil kesimpulan dengan jumlah baris lebih
dari 3 (tiga) baris:
Suatu sistem terdiri dari komponen-komponen, yaitu pekerjaan, kegiatan, misi atau bagianbagian
sistem yang dibentuk untuk mewujudkan tujuan. Dalam bukunya Henry C. Lucas (1987,6)
memandang sebuah sistem dapat diartikan sebagai berikut (dalam 1 spasi) :
Sebuah sistem harus dipandang sebagai suatu keseluruhan; kita tidak perlu
memecahkannya ke dalam bagian-bagian penyusunannya, terutama jika hal itu
menyebabkan kita kehilangan pandangan menyeluruh terhadap sistem. Dalam beberapa
contoh pada subsistem yang membentuk sistem yang besar, tanpa mengabaikan
keseluruhan kerangka kerja yang diberikan oleh sistem yang lebih besar.
Dalam teori sistem dapat dijumpai satu atau dua, melainkan puluhan jenis definisi yang
diketengahkan oleh para ilmuwan untuk menjelaskan arti sistem. Penulis mengutip pendapat yang
dikemukakan oleh Gordon B. Davis (1985,270) yang menyatakan bahwa:
Systems can be abstract or physical. An abstract system is an orderly arrangement of
interdependent ideas or constructs. For examples, a system of theology is an orderly
arrangement of ideas about God and the relationship of human to God. A physical system as
a set of elements which operate together to accomplish an objective.
Panduan Penulisan Tugas Akhir STMIK IM 32
CONTOH DAFTAR ABSENSI BIMBINGAN TUGAS AKHIR
DAFTAR HADIR BIMBINGAN TUGAS AKHIR
STMIK INDONESIA MANDIRI
Nama : ……………………………………….
NIM/Jurusan : …………………/……………………
Dosen Pembimbing : ……………………………………….
Judul Tugas Akhir : ………………………………………………
………………………………………………
No Tanggal Materi Bimbingan Paraf
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
12.
Keterangan:
• Setiap mahasiswa minimal melakukan 9 (sembilan) kali
bimbingan
• Paraf Dosen diisi pada setiap kali bimbingan
• Untuk Pembimbing diharapkan menandatangani daftar hadir ini setelah 9 kali pertemuan
• Daftar hadir ini merupakan salah satu persyaratan untuk mengikuti Sidang TA..
Bandung, - 200
Dosen Pembimbing,
(……………………………..)
Panduan Penulisan Tugas Akhir STMIK IM 33
CONTOH SURAT KETERANGAN MENGIKUTI SIDANG
SURAT KETERANGAN
Surat keterangan ini menerangkan bahwa:
Nama : ………………………………………….
NIM/NIRM : …………………/………………………
Jurusan : ………………………………………….
Program Studi : ………………………………………….
Dosen Pembimbing : ………………………………………….
Pertemuan Bimbingan : …………(…………………………) kali
Telah menyelesaikan laporan Tugas Akhir dengan judul ………………………..................................
………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………..
Demikian Surat Keterangan ini dibuat untuk dipergunakan sebagai syarat mengikuti Sidang Tugas
Akhir.
Bandung, - - 200
Dosen Pembimbing,
(…………...……………..)
Tembusan:
1. Ketua Jurusan Ybs.
2. Mahasiswa Ybs.
Kop surat STMIK-IM
Panduan Penulisan Tugas Akhir STMIK IM 34
CONTOH FORM PERBAIKAN LAPORAN TUGAS AKHIR
PERBAIKAN LAPORAN TUGAS AKHIR
Kami selaku Penguji Sidang Tugas Akhir Program Studi Strata Satu (S1) pada Sekolah Tinggi
Manajemen Informatika dan Komputer Indonesia Mandiri (STMIK-IM), menyatakan:
Nama : ……………………………………….
NIM : ……………………………………….
Judul TA : ………………………………………………………
Penyelenggaraan Sidang:
Hari/Tanggal : ………………, ………………………………
Ruang/Tempat : …….., STMIK-IM, Jl. Jakarta No. 79 Bandung
Waktu : ……… - ……. WIB
Telah melaksanakan Sidang Tugas Akhir, dan kepada mahasiswa yang bersangkutan DIWAJIBKAN /
TIDAK DIWAJIBKAN *) untuk memperbaiki laporan Tugas Akhirnya, sampai dengan tanggal
…………………………………
Hal-hal yang perlu diperbaiki:
1. …………………………………………………………………………………
2. …………………………………………………………………………………
3. …………………………………………………………………………………
4. …………………………………………………………………………………
Demikian keterangan ini disampaikan dengan sebenar-benarnya dan dapat dipergunakan
seperlunya.
Mengetahui Bandung, - - 200
Dosen Pembimbing, a.n. Penguji Sidang TA,
(………………………..) (………………………..)
Kop Surat STMIK-IM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar