ANIMASI

ASEP SUDRAJAT S,Pd Membina peserta didik yang memiliki mental bisnis yang beretika

javascript:void(0)

Sabtu, 21 Mei 2011

proposal

PROPOSAL KOMPETISI KEWIRAUSAHAAN
PRODI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI UMY
TAHUN 2010/2011

I. LATAR BELAKANG

Kompetisi kewirausahaan diadakan oleh Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi adalah merupakan suatu bentuk kepedulian kami melihat fenomena masih rendahnya jumlah wirausaha yang ada di Negara kita. Diperkirakan dari sekitar 213 juta penduduk Indonesia atau 238 juta penduduk Indonesia versi sementara BPS, dengan penduduk usia kerja 169,33 juta Indonesia hanya memiliki jumlah wirausaha sebanyak 564.240 unit atau berkisar pada 0,24% dari total jumlah penduduk Indonesia saat ini. Berdasarkan data tersebut dapat dilihat masih minimnya wirausaha yang ada di Indonesia dan angka tersebut masih sangat jauh dengan total jumlah penduduk yang ada dengan kebutuhan lahan kerja.
Jiwa kewirausahaan penting ditumbuhkan sejak usia remaja. Melihat arti penting pengembangan jiwa kewirausahaan ini, maka Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi UMY menyelenggarakan kompetisi kewirausahaan untuk membangun jiwa kewirausahaan bagi pelajar SMU/SMK sejak usia dini.

II. TUJUAN
1. Menggali potensi siswa dalam berwirausaha.
2. Menumbuhkan motivasi berwirausaha para siswa.
3. Mendorong tumbuhnya calon wirausaha muda (siswa-siswi SMA) dalam melakukan perencanaan bisnis secara matang
4. Membangun jejaring antara prodi manajemen dengan sekolah mitra dalam mengembangkan jiwa kewirausahaan

III. PESERTA
Peserta adalah kelompok siswa SMA dengan anggota 2-3 orang (minimal salah satu anggota adalah kelas 11) yang memiliki ide bisnis yang kreatif, inovatif, memiliki jiwa dan semangat kewirausahaan.

IV. OUTCOME
Business Plan (perencanaan bisnis)

V. MEKANISME DAN RANCANGAN AKTIVITAS
1. Teknis pelaksanaan dan ketentuan kegiatan:
a. Pendaftaran peserta
Peserta dianggap mendaftarkan diri pada saat penyerahan proposal business plan (dilengkapi dengan scan kartu pelajar) beserta alamat resmi sekolah yang bersangkutan, dikirim ke email resmi panitia lomba. Penyerahan proposal diterima panitia paling lambat tanggal 9 Mei 2011 pukul 14.00 WIB.

b. Teknis pelaksanaan kegiatan:
Kegiatan kompetisi kewirausahaan ini di lakukan dengan mengkompetisikan business plan masing-masing peserta. Tim juri akan menyeleksi Business Plan peserta yang masuk ke Prodi Manajemen FE UMY melalui pos dengan alamat Prodi Manajemen UMY Jl. Lingkar Selatan, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183 atau email prodi.manajemen@umy.ac.id. Seleksi akan dilakukan dalam 2 tahap:
1). Tahap pertama, tim juri akan menyeleksi seluruh business plan yang masuk dan mengambil 5 peserta yang lolos seleksi. Disediakan subsidi transportasi bagi peserta yang lolos tahap pertama
2). Tahap ke-2, peserta yang lolos dalam seleksi tahap pertama akan mempresentasikn business plan nya di depan tim juri dan akan di ambil 3 pemenang.
Syarat dan ketentuan lihat dilampiran 1 dan 2
Aspek penilaian pada:
1) Tahap pertama
Aspek yang dinilai:
a) Sistematika penulisan (minimal harus mencakup keseluruhan point yang telah ditentukan oleh panitia)
b) Isi proposal, meliputi:
(1) Relevansi judul dengan isi proposal
(2) Orisinalitas gagasan
(3) Originalitas proposal
(4) Inovatif dan kreatif
(5) Kelayakan implementasi di lapangan
2) Tahap ke-dua
Peserta yang lolos seleksi pada tahap pertama di wajibkan untuk mengikuti seleksi tahap ke-dua dengan mempresentasikan proposalnya. Aspek yang di nilai:
a) Penguasaan terhadap materi yang disampaikan
b) Kesesuaian materi dengan tampilan slide
c) Proses penyampaian materi terhadap audiens
d) Kemampuan dalam berinteraksi dengan audiens
2. Penjurian
Tim juri berasal dari internal UMY yang sudah berpengalaman dalam bidang kewirausahaan.

**Catatan: Keputusan tim juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

3. Hadiah
Kegiatan kompetisi kewirausahaan ini akan diambil 3 proposal terbaik, dengan hadiah sebagai beriut:
a. Juara 1 : Rp. 2.500.000.00 + Tropi + Piagam penghargaan + diterima di prodi manajemen UMY sesuai dengan kelulusan peserta tanpa tes

b. Juara II : Rp. 2.000.00 + Tropi + Piagam penghargaan + diterima di prodi manajemen UMY sesuai dengan kelulusan peserta tanpa tes

c. Juara III : Rp. 1.500.000.00 + Tropi + Piagam penghargaan diterima di prodi manajemen UMY sesuai dengan kelulusan peserta tanpa tes

**Bagi peserta yang lolos seleksi tahap ke-2 akan mendapatkan Souvenir menarik + piagam penghargaan dari Prodi Manajemen FE UMY.


VI. JADUAL PELAKSANAAN KEGIATAN
Kegiatan kompetisi kewirausahaan yang bertajuk “Take your opportunity to be success young entrepreneur” adalah sebagai berikut:
No. Uraian Waktu pelaksanaan Keterangan
1. Penerimaan proposal Business Plan 25 April sd 9 Mei 2011
• Proposal diterima panitia pos atau email paling lambat tanggal 9 Mei pukul 14.00 WIB
2. Pengumuman hasil seleksi tahap pertama 16 Mei 2011 • Hasil seleksi tahap pertama akan di umumkan panitia via email dan pos.
3. Seleksi tahap ke-dua (Presentasi proposal Business Plan) 21 Mei 2011 • Lokasi: Ruang pengembangan soft skill manajemen FE UMY, Gedung D lantai dasar.
• Waktu: jam 08.00 WIB - selesai
4. Pengumuman pemenang proposal Business Plan dan penyerahan hadiah 21 Mei 2011 • Pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah akan di laksanakan beberapa saat setelah presentasi para peserta .

VII. PENUTUP
Demikian proposal kompetisi kewirausahaan ini kami ajukan. Besar harapan kami agar Bapak/Ibu dapat mendorong para siswanya untuk ikut serta mengikuti kegiatan ini.Semoga kegiatan kompetisi ini bisa menumbuhkan semangat berwirausaha pada para siswa yang pada akhirnya akan melahirkan wirausaha-wirausaha muda kreatif dan inovatif yang mampu menciptakan lapangan kerja untuk dirinya sendiri dan orang lain, Amin.


Yogyakarta, 30 Oktober 2010
Kepala
Program Studi Manajemen

Sri Handari., SE., M.Si

























Lampiran 1 Ketentuan proposal business plan
1) Proposal business plan maksimal 20 halaman.
2) Format penulisan: Font: Times New Roman; size: 12; Line Spacing 1.5.
3) Business Plan yang diusulkan tidak melanggar peraturan perundangan yang berlaku, ketertiban umum dan norma kesusilaan.
4) Business plan yang diusulkan berlaku untuk perencanaan business yang belum beroperasi atau pengembangan usaha.
5) Business Plan yang diusulkan harus harus bisa diimplementasikan sebagai bisnis nyata.
6) Rencana bisnis belum pernah dilombakan.
7) Rencana bisnis tersebut adalah karya original dari peserta, bukan merupakan plagiatisme dari rencana bisnis yang sudah ada.
8) Dewan juri berhak membatalkan kemenangan peserta apabila terbukti ada indikasi plagiatisme.
9) Semua persyaratan dan proposal rencana bisnis dikirimkan ke email panitia di prodi.manajemen@umy.ac.id














Lampiran 2: Format proposal dan Power point
10) Judul
Judul dibuat secaramenarik dan singkat.
11) Executive summary
Di bagian awal dari proposal harus memuat:
a) Executive summary merupakan uraian singkat yang mencakup keseluruhan konsep/isi proposal.
b) Executive summary hanya terdiri dari 1 halaman.
12) Pendahuluan
Pada bagian pendahuluan, proposal harus menjelaskan mengenai:
a) Latar belakang dan motivasi melakukan usaha.
b) Justifikasi pemilihan obyek usaha.
c) Tujuan usaha yang hendak dicapai.
13) Analisis produk
Produk yang dimaksud disini bisa juga berupa jasa. Produk atau jasa yang diusulkan hendaknya mengandung suatu inovasi sehingga memiliki keunggulan dibandingkan dengan produk/jasa yang sudah ada. Inovasi bisa dalam hal produk/jasa itu sendiri, proses penyampaiannya ke pelanggan atau proses produksinya. Pada bagian ini peserta harus menjelaskan:
a) Jenis dan nama produk, karakteristik produk.
b) Eunggulan produk disbanding produk lain yang ada di pasaran
c) Keterkaitan dengan produk lain termasuk perolehan bahan baku.
14) Analisis pasar
Pada bagian ini proposal harus memuat analisis potensi atau peluang terserapnya produk di pasar serta strategi yang akan diadopsi agar produk bisa bersaing dengan produk sejenis yang ada di pasar. Bagian ini akan memuat, antara lain:
a) Profil kosumen
b) Potensi dan segmentasi pasar
c) Pesaing dan peluang pasar
d) Media promosi yang akan digunakan
e) Target atau rencana penjualan satu tahun
f) Strategi pemasaran yang akan diterapkan
15) Analisis produksi atau operasi
Bagian ini harus menjelaskan bagaimana produk atau jasa dihasilkan. Uraian pda bagian ini akan mecakup:
a) Bahan baku, bahan penolong dan peralatan yag digunakan.
b) Pasokan bahan baku.
c) Proses produksi/operasi.
d) Jumlah produk/jasa yang dihasilkan dalam satu tahun.
16) Analisis keuangan
a) Investasi yang diperlukan (kebutuhan modal disertai kebutuhannya)
b) Penentuan harga pokok penjualan
c) Rencana Neraca awal dan Neraca akhir tahun
d) Rencana laporan Laba/Rugi
17) Analisis sumber daya manusia
a) Pemanfaatan SDM
b) Kualifikasi SDM yang dibutuhkan
c) Spesifikasi jabatan (Job Description)
d) Sistem penggajian dan kompensasi
18) Rencana anggaran biaya
Berisi uraian anggaran biaya antara lain meliputi:
a) Kebutuhan investasi
b) Kebutuhan modal kerja
**Catatan: sistematika penyajian di atas hanya merupakan contoh acuan dan tidak menjadi aturan baku yang menutup pengembangan konsep oleh para peserta untuk melengkapi proposal Business Plan namun paling tidak harus mencakup keseluruhan poit yang telah disebutkan di atas.
b. Kriteria Power Point (bagi peserta yang lolos seleksi tahap ke-dua):
1) Program yang digunakan adalah Power Poit 2007 dengan pengembangan sendiri, bukan menggunakan paket program instan.
2) Hasil karya sendiri bukan jiplakan atau meniru orang lain.
3) Isi slide dalam power point dapat berupa: teks, film, animasi, gambar, suara.
4) Masing-masing peserta diberi waktu presentasi maksimal 30 menit (mencakup presentsi dan tanya jawab).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar