ANIMASI

ASEP SUDRAJAT S,Pd Membina peserta didik yang memiliki mental bisnis yang beretika

javascript:void(0)

Kamis, 31 Maret 2011

5 Karakter Konsumen Online Indonesi

5 Karakter Konsumen Online Indonesia!
1.Yang pertama yaitu Tidak Mudah Percaya, konsumen online Indonesia masih menganut prinsip bahwa membeli barang atau jasa ya..harus bisa dilihat, dipegang dan dibolak-balik sehingga barang yang dibeli bisa dilihat secara langsung atau riil. Hal ini memang sangat merekat di benak konsumen online.
Sehingga para konsumen sering kali tidak mudah percaya dalam memutuskan membeli barang secara online. Para calon konsumen online biasanya membeli setelah mencari tahu informasi dari beberapa sumber mengenai produk yang akan dibeli. Maka tak heran kalau biasanya calon pembeli memutuskan untuk membeli produk anda setelah mengunjungi web atau toko online anda lebih dari 5 kali bahkan bisa lebih dari pada itu. Pengalaman saya waktu membeli SMOUnya pak joko setelah 3 bulan saya mengamati dan mencari produk tersebut.

2.Suka hal-hal yang Gratisan, nah mungkin hal ini juga sering dijadikan strategi promosi oleh para internet marketer. Mereka sering menawarkan hal-hal yang sifatnya gratis yang bisa diakses secara langsung oleh para calon pembelinya. Memang tidak dapat dipungkiri para pencari informasi di internet sangat menyukai hal-hal yang berbau gratisan.

3.Sensitif Terhadap Harga, para konsumen online di Indonesia biasanya juga sangat sensitif terhadap harga. Mereka lebih cenderung memilih barang atau jasa dengan harga yang lebih murah. Sangat jarang konsumen yang lebih mementingkan kualitas produk. Karena itu bagi anda yang ingin menjual produk secara online, usahakan agar harga anda adalah harga yang bersaing dan memang sesuai dengan kualitas dari produk anda.

4.Mengandalkan Word of Mouth, seperti artikel yang ditulis pak joko yang mengatakan ”orang lebih percaya apa kata teman dibanding apa kata iklan” memang benar adanya. Para konsumen Indonesia masih sangat percaya dan mengandalkan apa kata teman dalam memutuskan membeli sesuatu barang. Makanya bagi anda yang ingin memasarkan suatu produk, sangat baik jika anda memberikan kualitas produk dan membangun network yang kuat melalui blog sehingga produk anda bisa laku keras di pasaran.

5.Sangat menyukai Potongan Harga atau diskon, Jangan heran kalo setiap lebaran atau hari raya lain banyak konsumen yang rela menghabiskan banyak uangnya untuk membeli barang2 kebutuhan ataupun sekadar untuk memuaskan keinginan belanjanya. Hal ini dikarenakan pada hari raya banyak toko2 yang memberikan diskon yang besar. Karena itu bagi anda yang ingin menjual produk berikanlah diskon atau potongan yang menarik bagi calon pembeli. Atau anda dapat pula memberikan bonus2 atau paket hemat menarik lainnya yang memancing calom pembeli membeli produk anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar