ANIMASI

ASEP SUDRAJAT S,Pd Membina peserta didik yang memiliki mental bisnis yang beretika

javascript:void(0)

Kamis, 31 Maret 2011

Tipe pelanggan di sekitar lingkungan masyarakat

Beberapa tipe karakter pelanggan yang umum dalam masyarakat

1) Pemarah dan tidak sopan
Customer bisa menjadi marah dan kurang sopan, hanya disebabkan pelayanan yang tidak memuaskan, ia mungkin akan menjadi emosi akibat dari penanganan yang kurang baik. Cara yang paling tepat menghadapinya adalah: Jangan biarkan customer tersebut berbicara terus, dan jangan menanganinya sendiri.

2) Customer yang ragu-ragu tersebut
Sebagian customer yg datang masih ragu, sehingga tidak mempunyai keputusan. Mereka akan mendengarkan Anda, menanyakan info tambahan, tidak dapat memusatkan perhatian pada apa yang dikehendakinya. Dalam hal ini Anda perlu membuat keputusan buat mereka, Anda harus memotifasi customer untuk
dapat mengambil keputusan, sehingga mereka merasa puas sebab Anda dapat berinisiatif.

3) Customer yang mencurigai
Customer semacam ini biasanya tidak mempercayai informasi anda, mereka akan mengecek kebenarannya yang Anda berikan. Terkadang mereka menjebak. Customer seperti ini menuntut keberhasilan untuk mengatasinya secara profesional. ”Apabila Anda tidak bisa menjawab, jangan pernah menerka, cara terbaik untuk
menangani orang-orang tersebut adalah membuat persiapan berhatihati dan tenang dalam kata-kata dan tindakan Anda”.

4) Customer yang pendiam
Mereka tidak dapat suatu pembicaraan, hanya menginginkan informasi.

5) Customer yang suka mencela
Ada customer yang dala membeli suatu produk suka mencela dan selalu mengatakan ada saja kelemahan dari produk yang ditawarkan kepadanya.

6) Customer yang tahu segalanya
Customer ini perlu ditangani dengan hati-hati, hal-hal perlu diperhatikan adalah:
(a) Tempatkan diri Anda pada posisi kedua dan pusatkan perhatian pada merek.
(b) Jangan menentang.
(c) Jangan merasa lebih pintar dari customer.
(d) Jangan bersikap seolah-olah merendahkan customer.
(e) Customer ini mudah terbujuk/dipengaruhi.
(f) Memuji pengetahuan customer.
(g) Memuji kekuasaan mereka dan mengangkat mereka.
(h) Ketegasan dalam memberi petunjuk.
(i) Berikan beberapa penjelasan dan mengambil sikap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar