ANIMASI

ASEP SUDRAJAT S,Pd Membina peserta didik yang memiliki mental bisnis yang beretika

javascript:void(0)

Kamis, 31 Maret 2011

SIFAT-SIFAT PELANGGAN

SIFAT-SIFAT PELANGGAN

Dalam melayani pelanggan,sebaiknya kita memahami dan mengerti sifat masing-masing pelanggan. Hal ini disebabkan masing-masing pelanggan memiliki sifat yang berbeda-beda. Sifat-sifat pelanggan adalah tingkah laku,kebiasaan,tata cara yang ditunjukkan pada saat berhubungan dengan orang lain.
Adapun macam-macam sifat pelanggan,sebagai berikut :
1. Pelanggan mau dianggap sebagai raja.
Sifat mau dianggap sebagai raja ini masih menghinggapi hampir semua pelanggan. Tetapi ada juga pelanggan yang tidak mau dilayani secara berlebihan.


2. Pelanggan mau dipenuhi keinginan dan kebutuhannya.
Keinginan dan kebutuhan pelanggan mulai dari hanya ingin memperoleh informasi tentang suatu produk yang kita tawarkan sampai kebutuhan untuk memakai barang dan jasa kita.

3. Pelanggan tidak ingin didebat atau tidak mau disinggung.
Pelanggan tidak suka dibantah keinginan atau pendapatnya dan pelanggan juga tidak suka didebat. Pelanggan akan tersinggung kalau mendapat bantahan yang tidak sesuai dengan keinginannya.

4. Pelanggan mau diperhatikan.
Berikan perhatian secara penuh sehingga pelanggan benar-benar merasa diperhatikan.

5. Pelanggan ingin selalu dipuji.
Dalam memuji pelanggan jangan berkebihan karena dapat membuat pelanggan merasa tidak nyaman. Banyak juga pelanggan yang tidak suka dipuji dan disanjung.

6. Pelanggan adalah sumber pendapat perusahaan.
Dapat dikatakan bahwa pendapatan utama perusahaan berasal dari pelanggan. Transaksi yang dilakukan pelanggan pada akhirnya akan memberikan laba bagi perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar