ANIMASI

ASEP SUDRAJAT S,Pd Membina peserta didik yang memiliki mental bisnis yang beretika

javascript:void(0)

Jumat, 25 Maret 2011

TRIK MENGHADAPI BERBAGAI TIPE PELANGGAN

TRIK MENGHADAPI BERBAGAI TIPE PELANGGAN

Dalam dunia usaha, baik yang bergerak dibidang barang maupun jasa, kita selalu menghadapi beberapa tipe pelanggan (customer). Tidak dipungkiri, setiap pelanggan memerlukan strategi penanganan yang berbeda. Kita tidak bisa mengimplementasikan metode yang seragam dalam memperlakukan pelanggan. Salah penanganan, bisa menyebabkan terjadinya ketidaknyamanan yang nantinya akan berimbas pada gagalnya closing sales Pelanggan yang tidak puas tentunya berdampak linier terhadap image perusahaan. . Oleh karena itu penting sekali bagi kita (khususnya bagian yang langsung berhadapan dengan customer seperti misalnya marketing) untuk memahami karakter para pelanggan.

Berikut adalah beberapa tipe customer yang mungkin akan kita temui dalam kehidupan sehari-hari :

· Customer Cerewet

Banyak dijumpai dan merupakan tipikal mayoritas dari customer yang ada di Indonesia. Cerewet dalam bertransaksi, seringkali mengucapkan kata-kata yang merendahkan, bertanya terlalu banyak dan tidak jarang pertanyaannya menyimpang dari topik bahasan
Cara menghadapi : perluas wawasan, bersikap sabar dan sering-seringlah tersenyum. Buat posisi anda seolah-olah dia adalah raja dan anda sedang berusaha mengikuti keinginannya.

· Customer Senang Dipuja

Senang sekali jika kita berbicara tentang karirnya yang bagus, hidupnya yang bahagia, bisnisnya yang jalan dan lain-lain yang menyangkut kebaikan untuk dirinya sendiri.
Cara menghadapi : mudah, terus saja buat dia merasa di atas awan dengan mengatakan hal-hal yang baik (tentunya jangan berbohong, karena kalau anda salah bicara anda akan terlihat seperti sedang menjilat), dijamin closing sales akan anda dapatkan.

· Customer Cuek

Ini tipikal customer yang menjengkelkan, cuek banget terhadap setiap penawaran kita. Seringkali sibuk dengan urusan sendiri.

Cara menghadapi : anda harus bisa membuat customer tipe ini penasaran dan kalau ada kesempatan buatlah poin di mana dia penasaran, anda yang cuek. Memang agak sulit untuk melakukan closing sales pada customer tipe ini.





· Customer Dikejar Waktu

Terburu-buru, tidak suka bertele-tele dan cenderung tidak bisa diam. Ingin segera meninggalkan ruangan.
Cara menghadapi : anda tidak boleh “klemak-klemek” (baca : orang yang kalem dan lemot). Anda harus menjadi orang yang sangat menguasai produk dengan menjelaskan setiap inti dari presentasi produk anda. Imbangi gaya bicaranya yang cepat tetapi tetap harus jelas penekanan nada dan intonasinya.

· Customer Pintar
Customer yang tahu produk anda, sering tersenyum pada saat melihat anda presentasi. Dan hati-hati seringkali customer tipe ini menjebak anda dengan pertanyaan-pertanyaan berbahaya.
Cara menghadapi : perluas wawasan anda tentang produk dan bersikaplah yakin terhadap semua presentasi produk anda. Sebisa mungkin kalau lawan anda adalah customer tipe ini, jangan sampai anda kalah pengetahuan produk dengannya.

· Customer Ramah

Kalau tipe ini ya semua orang suka, menerima bulat-bulat setiap penjelasan kita. Tidak cerewet, tidak menjebak, ramah, enak diajak ngobrol. Tipikal customer yang disuka banyak marketing dan sales.
Cara menghadapi : tidak ada. Kalau bertemu customer tipe ini dijamin anda pasti bisa langsung melakukan closing sales dengan mudah.



Nah, itu tadi beberapa tipe customer yang mungkin akan anda temui dalam dunia pekerjaan sehari-hari. Semoga bermanfaat dan membantu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar